Sekolah dan Perebutan Kekuasaan

Anda tidak akan pernah menjadi agen perubahan selagi Anda tidak berani menentang arus comberan/ kebusukan yang telah mengakar dalam sebuah sistem” (Indrawan Yepe) Sore tadi rasanya begitu bersemangat mendengar wejangan dari sang Suhu setelah mendengarkan curhatan dari rekan kami yang tengah menghadapi berbagai ujian di sekolah yang tengah menjadi proyek penyelematan sekaligus tempat belajar kamil. […]

Kesenjangan yang Menguji

Jika hidup di dunia kampus yang sudah terkondisikan, maka segalanya rasanya indah dan penuh dengan kebaikan. Mau ngaji teman-temannya banyak sekali. Mau jadi aktivis juga masih banyak (meskipun sepertinya yang bener-bener mau jadi aktivis makin sedikit). Mau yang baik-baik jumlahnya cukup banyak. Mungkin masih sebanding dengan yang negatif-negatif di kampus. Lantas bagaimana jika kita berhadapan […]

Untuk Saudaraku Para Aktivis

Di tengah berbagai hal yang terasa ruwet akhir-akhir ini, mulai dari masalah negara yang semakin sulit didefinisikan hingga persoalan diri pribadi kita yang tak kunjung usai, rasa-rasanya membuka memori di masa silam itu menjadi hal yang harus sering dilakukan. Mungkin ada yang akan mengatakan jadul, tapi hendaknya kita selalu ingat akan sebuah nasihat bahwa hikmah […]

Mengapa Harus Menulis (2)

Ahaa, hari ini aku baru saja membaca tulisan mbak Afifah Afra (sebenarnya udah postingan lama, cuma akunya aja yang telat baca). Beliau mengklarifikasi lewat twitternya tentang novel Syahid Samurai-nya yang dituduh sebagai salah satu novel porno yang menghancurkan moral bangsa. Hemm, aku udah sering membaca tulisan-tulisan beliau. Pernah membaca beberapa novelnya juga. Jadi aku tidak […]

Perjalanan Ideologis

“Mas, ente di mana?”, tanyaku “Masih transaksi nih, tunggu bentar”, kata sang Suhu (Hadew, gimana coba kalo nanti kemaleman dan mobilnya tutup) Akhirnya dengan gagahnya sang Suhu datang dan menyapaku. “Ayo segera, aku mau liqo setelah ini”, katanya sembari memboncengku Akhirnya setelah melalui beberapa belokan kami kembali lagi dengan membawa sebuah Grand Max hitam. Lho […]

Aktivis dan Organisasi

Seringkali kita mendengar “Dia itu ga lulus2 kuliah karena terlalu aktif di organisasi” atau “Ga heran deh IP-nya 4, …., wong tiap hari belajar melulu, baca buku, ngerjain tugas, ga nyentuh yang namanya organisasi” Ungkapan di atas mungkin sering kita dengar, bahkan menjadi salah satu bahan pembicaraan kita ketika memberi komentar atas teman-teman kita. Dalam […]