Alhamdulillah, hari ini mendapat kesempatan untuk jalan-jalan ke tempat yang sering kukunjungi ketika SMP hingga SMA dulu. Ini adalah tempat yang selalu mengingatkanku pada era kompetisi sebagai seorang pelajar. Jika sekarang terkadang aku ada agenda di Tawang Mangu, maka inilah Tawang Mangu-ku dulu ketika masih kecil.

Ceritanya beberapa waktu lalu aku diminta mengisi upgrading teman-teman UKM KSI MIST FMIPA UNY. Kebetulan aku kenal dengan ketuanya yang periode kemarin ketika di Padang, Sumatera Barat. Ternyata hari ini aku mengisi acara itu di Kaliurang. Usai turun dari Kereta Sriwedari (karena pengin membandingkan dengan Prameks) di Stasiun Lempuyangan aku dijemput olehnya dan perjalanan dilanjutkan hingga kawasan bukit-bukit yang indah di Kaliurang. Sebagai daerah wisata Merapi yang dulu pernah hangus terkena awan panas, kini daerah itu telah menghijau kembali dan menampakkan keindahannya.

Hari ini aku berbagi tentang harmonisasi antara aktivitas penelitian dengan organisasi dalam konteks organisasi keilmiahan. Sebenarnya GJ banget sih karena UKM yang mengundangku ini umurnya lebih tua dari SIM. Jadilah aku berbicara sebagai wakil organisasi muda kepada organisasi yang lebih dahulu berada agar tidak menimbulkan kesan menggurui. Seperti biasanya, aku hanya cerita pengalaman dan perjalanan selama berada di lembaga keilmiahan kampus.

Singkat cerita, menurutku kultur teman-teman yang terbiasa melakukan penelitian itu adalah hal yang sangat bagus dan harus terus didorong lebih giat. Hanya saja butuh sinkronisasi agar kerja dan karya itu terorganisasi dalam sebuah payung lembaga. Jadi bagaimana pun porsi berkarya tetaplah lebih besar dari pada sisi organisasi itu sendiri. Dan ini juga terus ditingkatkan di SIM ini dari tahun ke tahun.

Demikian hal-hal yang bisa kubagi hari ini. Aku senang bisa berkunjung ke tempat yang indah ini setelah setahun yang lalu di sini dalam rangka temu nasiona penerima beasiswa aktivis. Terima kasih Firman atas undangannya. Senang bertemu dengan teman-teman KSI MIST. Meski singkat (penginnya sih tidur di situ sih), namun perjumpaan ini insya Allah bermanfaat.

Materinya silahkan download di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.