Ukuran Sukses

oleh Harry Hasan Santosa Ukuran sukses, menurut orang bijak adalah seberapa banyak memberi manfaat. AlQuran bahkan menyebut ukuran kemuliaan bukan dgn kemuliaan jabatan dan berlimpahnya rezqi, namun seberapa banyak membela dan mengangkat derajat kaum tertindas. Maka berkompetisilah dalam memberi kebermanfaatan bagi kebaikan sesama terutama yang paling tertindas dan lemah, bukan berkompetisi memenangkan pertandingan dan kekuasaan. […]

Kejahatan Serius Dalam Sistem Pendidikan Kita

oleh Harry Hasan Santosa Sesungguhnya adalah kejahatan serius dalam sistem pendidikan yg melambatkan kedewasaan anak2 kita. Mereka telah dewasa biologis (baligh) di usia 13-14 tahun namun baru dewasa psikologis, sosial, finansial, syar’i di usia lebih dari 20 tahun ke atas. Siapa yg menjamin mereka “selamat” dalam masa2 penuh gejolak ini? Sesungguhnya adalah kejahatan serius dalam sistem […]

Pesan Abah Rama & Pak Harry

Ceritanya aku baca postingan Pak Harry lagi, dan ada bahasan yang menarik seperti ini @abah rama Yang jelas karena kita tidak “mensyukuri nikmat potensi” (baik individu maupun negara) yang Allah berikan, maka pendidikannya pun bukan berbasis potensi. Pendidikan kita masih berbentuk pabrik siswa (harus bisa segalanya) bukan taman siswa (dalam taman yang sama tanaman yang […]

Menikah dan Mendidik adalah Peristiwa Peradaban Terpenting.

oleh Harry Hasan Santosa Wahai para Ayah, tahukah anda, menikah dan mendidik anak adalah peristiwa peradaban terpenting sepanjang sejarah manusia, sepanjang sejarah bangsa2, dan sepanjang sejarah hidup anda? Sudah selayaknya alokasi waktu, perhatian, tenaga, ruhiyah, keteladanan diberikan sepenuh-penuh kemampuan kita. Dunia masa depan adalah dunia dimana hasilpernikahan kita dan pendidikan anak2 kita menjadi penentu kedamaian, […]

Cara Menilai Siswa

Inspirasi dari salah satu mentorku adalah memberi nilai murid dengan nilai terbaik sejak pertemuan pertama. Karena itu doa yang baik bagi siswa sekaligus amanah bagi mereka apakah mereka bisa menjaga kepercayaan itu atau tidak. Nilailah siswa dengan nilai terbaik, tetapi jangan lupa tanamkan kejujuran pada mereka. Jadi ulangan dan segala tugas itu adalah faktor kontrol […]

Radikalitas vs Radikalisme

Lagi-lagi, aku tertarik membaca status Pak Harry yang bagus. Silahkan baca nih! Secara bahasa radikal berarti mengakar. Kita memerlukan pemuda yg radikal, yaitu pemuda yg memahami potensi kearifan dan kehebatan negeri ini sampai ke akar2nya dgn semulia2 akhlak, agar mampu menyelesaikan masalah bangsa ini juga sampai ke akar2nya dan semulia2nya. Kita perlu seniman, sastrawan, ilmuwan, teknologiwan, […]

Rembugan untuk Membangun Bengawan Solo

Apa yang Anda pikirkan ketika banyak elemen masyarakat mau duduk bersama dan berdiskusi bersama (rembugan)? Tentu itu luar biasa di tengah iklim egoisme yang bagitu kental hari ini. Dan aku melihat kenyataan itu hari ini di Aula Sekolah Alam Bengawan Solo.   Berbagai elemen dari Pemda Klaten, Penyuluh Pertanian, Dewan Pendidikan, Balai Sungai, Perwakilah Sekolah […]

Esensi Pendidikan Kita yang Terlupakan

Pagi ini, aku baca status yang bagus dari Pak Harry Dulu kakek buyut saya adalah Kyai, memimpin pesantren di desa. Seperti kebanyakan pesantren pd masa itu (surau, dayah, meunasah, rangkang dll), tdk pernah memungut bayaran dari santri, krn baik Kyai, Guru, Santri, warga secara bersama mengelola community business berbasis sumberdaya lokal utk kebutuhan bersama. Kyai […]

Tuan, Ajari Kami Mengucapkan “Tif” dengan Benar

Ceritanya pagi ini sedang merapikan berkas2 mimpi masa depan. Eh, dipanggil si Heriyanto untuk berehat ria dengan ledakan suara seperti biasa. Due sekuel pagi yang bikin perut mulas hingga guling-guling tapi sarat filosofi mendalam. Nah, simak salah satu hasil parafrasenya khas Yuli Ardika Prihatama atas sekuel tadi ya. Tuan, sebelum Anda berbicara tentang macam-macam soal bangsa dan era globalisasi yang […]

[Lagi] Tentang Cara Belajar Matematika Kita

Pren, coba kita utak-atik dikit ini ya Penting gak sih doktrin bahwa 1+1=2, termasuk di dalamnya terkandung makna bahwa MATEMATIKA adalah ILMU PASTI? Akhirnya FISIKA, KIMIA, dan BIOLOGI ikut-ikutan diberina nama ilmu EKSAKTA, yang dalam pemahaman banyak orang juga ILMU PASTI (kecuali yang udah meninjau secara mendalam). Kalo menurutku sih, yang lebih penting adalah mereka […]