Mozaik Korupsi Indonesia : Buat Simple Aja

Hari ini katanya peringatan hari anti korupsi. Bener kan? Ah ga tahu juga, dan bagiku ga penting. Karena korupsi itu harus dilawan setiap hari, kenapa hanya setahun sekali. Aneh! Ketika aku menulis ini, suasana hatiku lagi menjadi orang skeptis. Ah, korupsi mah kalo di Indonesia kayaknya nunggu ada pembunuhan masal atau dijajah oleh Inggris, Jepang, […]

Tour ke Dusseldorf : Hampir – Hampir Aku Merasa Bersalah

Hari ini matahari bersinar sangat cerah dari pagi sampai sore (08.22 s.d 16.24 waktu setempat). Setelah mencuci baju, ternyata waktu sudah mendekati ashar. Kami segera shalat ashar. Karena sebelum ashar sudah membuat janji dengan mas Ferdi untuk ketemu di pusat kota Wuppertal, habis ashar aku dan salah satu temanku (lebih tepatnya adik tingkatku) berangkat ke […]

Katrok, Untung Ga Malu-Maluin

Ceritanya hari ini cerah, akhir pekan. Libur kuliah dan bisa senang-senang nih. Ah, pagi ini aku mau nyuci baju dulu. Dua temanku yang sudah cuci mereka nekat mengucek di kamar mandi, padahal sama pengelola apartemen tidak diperbolehkan. Aku juga awalnya mau nyuci seperti mereka, tapi nanti jemurnya gimana, karena cucianku cukup banyak. Padahal tidak diperkenankan […]

Desain Kelas : Lagi-Lagi Masalah Layanan Pendidikan

Ini adalah hasil observasi singkat tentang ruang-ruang yang sudah ku masuki dalam rangka mengikuti perkuliahan bersama Prof. Tausch dan tim. Ada yang ruang kelas biasa, ada yang ruang laboratorium bahkan ada yang merupakan ruangan presentasi khusus. Ada banyak fasilitas dan media yang menurutku sangat lengkah dan jauh sekali jika dibandingkan dengan kondisi kampus di Indonesia […]

Shalat Jumat Perdana #2

Bertemu Sahabat Tanah Air Usai shalat Jumat, tibalah saat yang tak kuduga itu terjadi. Awalnya aku agak sungkan dengan wajah Asia tadi kalau-kalau mereka orang Malaysia. Soalnya waktu di Abu Dhabi ada orang Malaysia bersikap angkuh terhadap kami waktu temannya yang dari Filipina sedang berdiskusi hangat dengan kami. Ada apakah, tetangga serumpun jadi bermusuhan seperti […]

Shalat Jumat Perdana #1

Hari Jumat ini aku lega. Karena beberapa waktu lalu ketika bertemu Syaifullah, dia mengatakan bahwa di mushala kampus biasa dilaksanakan shalat Jumat. Karena perkuliahan selesai, sedangkan kawan-kawanku sudah memilih belanja dan makan di mensa, aku akhirnya memutuskan untuk ke mushola sendiri. Saat itu sudah menunjukkan pukul setengah 12 siang. Jadi Nggak Nih? Sesampai di mushola […]

Kuliah Presentasi Media Pembelajaran dengan Dr. Simone

Pagi ini sangat dingin. Seperti biasa kami harus berangkat dari wohnung sebelum jam 8.00 pagi. Itu artinya kami berangkat subuh, karena matahari terbit jam setengah sembilan pagi. Agenda hari ini adalah presentasi media yang telah dibuat oleh para mahasiswa yang mengikuti kuliah Dr. Simone. Ternyata tempatnya di sebuah ruang presentasi khusus di jurusan pendidikan keolahragaan. […]

Sel Galvanic: Dua Jam Bersama Rene

Jam 2 hari ini adalah jadwal praktikum bersama salah satu mahasiswa spesial Prof. Tausch yang khusus dipersiapkan untuk jadi ahli lab. Rene namanya. Ketika dulu membaca jadwal kegiatan, kukira dia cewek. Eh, ternyata seorang cowok yang keren. Dia udah semester ke-12 sekarang. Bukan karena bodoh, tetapi karena jam terbangnya di laboratorium dan sekolah untuk membimbing […]

Kuliah Experiment Bersama Dr. Anne

Hari ini jadwalnya adalah kuliah dengan Dr. Anne, beliau adalah tim Prof. Tausch yang menangani perkuliahan seputar praktikum yang tepat untuk persekolahan. Hari ini beliau mengajar mahasiswa semester 5 dengan agenda praktikum dengan topik-topik seputar elektrolisis. Ada 10 judul praktikum yang harus mereka selesaikan hari ini dan dibuat laporannya (ternyata di sini juga ada laporan […]

Cologne : The Wonderful Roman Architecthure

Usai mengikuti perkuliahan Dr. Simone, aku segera menuju mushola untuk menunaikan shalat Ashar. Eh, ternyata bertemu lagi dengan Syaifullah, dan ada satu kawan baru lagi Husein dari Turki. Sempat berbincang kepada Syaif tentang rencana perjalananku ke Perancis nantinya. Karena dia ternyata ada ujian jadinya tidak bisa menemani perjalanan kami, padahal guide lokal itu sangat penting […]