Hari ini jadwalnya adalah kuliah dengan Dr. Anne, beliau adalah tim Prof. Tausch yang menangani perkuliahan seputar praktikum yang tepat untuk persekolahan. Hari ini beliau mengajar mahasiswa semester 5 dengan agenda praktikum dengan topik-topik seputar elektrolisis. Ada 10 judul praktikum yang harus mereka selesaikan hari ini dan dibuat laporannya (ternyata di sini juga ada laporan praktikum, tetapi ada bedanya). Mereka diberi kesempatan dari pukul 8.00 sampai 12.00.

Sebelum dimulai praktikum, terlebih dulu mahasiswa semester akhir yang aku tidak kenal namanya (dan tidak akan kupasang fotonya, karena bisa-bisa dicekal kalau dia tidak terima karena undang-undang IT di sini sangat ketat) mempraktekkan cara mengajar metode inquiriy di sekolah. Di sini mahasiswa tua atau muda sulit sekali dibedakan, bahkan dengan dosennya sekalipun. Sama-sama putih, sama-sama muda (Dr. Anne masih muda loh). Masnya yang presentasi kelihatan gagah dan meyakinkan ketika membelajarkan kepada adik-adik tingkatnya. Meski aku tak paham, tetapi dari interaksi yang terjadi menunjukkan bahwa beliau sangat menguasai materi dan berwibawa sehingga nanti ketika praktikum beliau banyak dijadikan tempat bertanya.

Ketika proses praktikum, kami berkenalan dengan dua cowok terganas di kelas, Kay dan Darium. Kata Dr. Anne mereka adalah mahasiswa terglidik, tetapi juga tercerdas. Paling usil tetapi juga mengagumkan dalam praktikum. Karena ada beberapa mahasiswa lain yang juga jenius, sayangnya mereka tak acuh dan kadang terlihat angkuh. Selain itu kami juga dapati satu cewek yang keren, Vera namanya. Cantik dan elegan. Ini kategori cewek jeniusnya.

Di sini, tiap kelompok hanya beranggotakan 2 orang saja. Mereka harus melakukan praktikum 10 kali tanpa asisten. Mereka hanya diberi modul dan ditempatkan dilaboratorium yang sangat lengkap untuk melakukan percobaan mereka sendiri. Merekalah yang memanajemen waktu untuk berganti tempat dari praktikum satu ke praktikum lain. Dan yang mengagumkan adalah saat praktikum selesai semua yang awalnya terasa acak adut telah kembali ketempatnya dengan cepat dan beres tanpa ada kerusakan peralatan apa pun hari ini. Luar biasa disiplinnya mereka. Sebelum ditutup kami sempatkan untuk foto bersama. Dan jam setengah 12 akhirnya kuliah pun berakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.