Kemarin ceritanya kan baru aja beli hosting baru. Nah, saking keranjingannya dengan nama Zona Perubahan, akhirnya sekarang aku membeli domain lagi untuk hosting yang baru, www.zonaperubahan.org. Sebelumnya aku sudah memiliki www.zonaperubahan.com, kemudian kena banned dan aku membeli www.zonaperubahan.net. Setelah setahun www.zonaperubahan.com kembali kurebut.

Hari ini aku manfaatkan untuk belajar pindahan hosting secara manual, dari hosting yang awalnya disediakan temanku karena spacenya juga nganggur. Meskipun awalnya pinjaman dan tidak dikenai biaya, namun tetap saja tidak seleluasa ketika memiliki hosting sendiri. Jadi hari ini puluhan web yang sudah kubuat untuk teman-temanku sebagian sudah pindah rumah ke tempat yang baru. Tempatku yang damai dan leluasa. He he he. Selamat datang di rumah baru ya.

Ternyata pindahan manual itu cukup melelahkan. Untung saja temanku memberikan pinjaman juga Virtual Private Server (VPS). Apa itu? Semacam komputer yang kecepatan unduh dan unggahnya super cepat dan stabil. Jadi dari komputer kita, kita masuk untuk mengakses komputer orang yang disewakan kepada kita setiap bulan. Benar saja, lewat VPS mengunduh file lebih dari 1 GB tetap aja kenceng dan cepat. Dan alhamdulillah, pengalaman pertama ini berhasil.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.