Salah satu kenangan yang kudapat dari Jerman adalah di sana aku bisa selalu mengucap salam untuk sahabat muslim yang banyak kutemui di mana pun. Ucapan lembut yang berisi doa keselamatan ini merupakan sesuatu yang luar biasa bagi kaum muslimin di mana pun berada. Aku benar-benar merasakan nikmatnya mengucapkan salam ini ketika di negeri orang, negeri yang sangat toleran dan menghargai kebebasan beragama ini. Negeri yang membuat setiap muslim dewasa dengan pilihan keyakinannya sehingga justru membuat mereka itu giat untuk belajar, bukan mengekor apalagi fanatik untuk saling menjatuhkan sesama saudaranya.

Tak lupa juga, lagu-lagu kesukaanku adalah yang bertema-tema tentang semangat dan optimisme. Sejak kecil aku paling tertarik dengan lagu-lagu nasyid khususnya Raihan yang sangat sederhana namun banyak pelajaran dan memudahkan orang untuk mengingat-ingat isinya. Kesukaan itu tetap besar hingga kini. Dengan dinamikanya aku tetap menyukai berbagai jenis lagu-lagu yang membangun suasana optimisme (sesekali romantisme, tapi bukan yang picisan apalagi yang menggalaukan).  Hingga ternyata di Kota Wuppertal pun aku dipertemukan dengan Budi Dahab sang munsyid kelahiran Wuppertal yang setahun lalu pernah ke Malaysia, pamannya Reihan, si Gadis Mesir yang super cantik itu.

Dari Budi Dahab, akhirnya aku mengetahui bahwa di Jerman pun, genre nasyid pun telah banyak digemari, khususnya oleh kaum muslimin yang tinggal di sana. Hingga aku sampai sekarang masih suka banget dengan lagunya Mohamed Yasbah yang berjudul “Setz die Segel”. Aku tidak ngerti isinya karena pakai bahasa Jerman, tetapi dari ilustrasi yang ada di videonya, lagu ini adalah wujud rasa empati kepada saudara-saudara di Somalia yang dihimpit kemiskinan dan keterbatasan. Nuansanya bener-bener syahdu (bahkan meskipun aku belum tahu artinya). Saat aku menulis ini aku masih request kepada penyanyinya langsung, sayangnya beliau membalas masih dalam rihlah ke Swiss. Katanya nanti kalau sudah balik ke Jerman, beliau akan menuliskannya untukku. Hemm, jazakallah khair Akhi.

Mau tahu lagunya, ini nih lihat aja, insya Allah bagus kok.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.