Usai MPKD 2, tubuh ini rasanya luar biasa bergejolak. Kemarin sehabis isya rencananya langsung merebahkan diri agar besok tidak mengalami masalah saat bangun tidur. Rupanya Allah masih menginginkanku untuk beraktivitas sejenak. Pak takmir yang biasa mengisi pengajian remaja masjid tidak sedang enak badan, maka jelas dong ban serep ini jadi pengisinya. Makin malam, badan makin wow saja rasanya.

Sempat terpikir untuk langsung pijat. Tapi kata teman-teman yang ngerti soal kedokteran, tubuh orang yang masih muda dan sehat memiliki kemampuan pemulihan diri (recovery) yang cukup cepat. Jadi tidak perlu untuk melakukan hal-hal ekstrim mulai ke panti pijat atau meminum pil penenang. Cukup tahan nyeri dan istirahat cukup maka badan akan segera pulih dan kembali bugar. Ya, setidaknya justru sepulang dari MPKD penyakit flu yang kurasakan parah saat akan berangkat sudah mereda. Namun, Allah mengganti mainan baru, batuk. Tak apalah.

Yang jelas, edisi hari ini adalah mengagumi betapa luar biasanya Allah menciptakan sistem tubuh kita yang bisa melakukan pemulihan sendiri. Maka bagi yang selalu menjaga asupan makanan dan menjaga kebugaran fisik, biasanya jarang menderita sakit yang aneh-aneh. Sakit yang diderita orang kaya hari ini atau mungkin juga orang biasa yang zaman dahulu belum ada adalah akibat perilaku hidup sehat yang salah. Hal itu membuat aliran darah tidak lancar, berat badan tidak normal sehingga aneka sakit yang cukup aneh bermunculan mulai dari kolesterol tinggi hingga sakit jantung.

Maka dari itu, biarpun badan kita pegel-pegel hingga level njarem karena melakukan serangkaian olah raga ekstra itu lebih pantas kita syukuri dari pada kita tidak pernah berolah raga lantas sakit-sakitan melulu. Siap untuk menerima panggilan kembali di mukhoyyam tahun depan. Semoga bisa mengikuti lagi dengan kondisi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.