cover-maf1453Penaklukan Konstantinopel

Sebesar apa pun itu, selagi Al-Quran dan As-Sunnah tidak pernah menuliskan mustahil maka pasti bisa diwujudkan. Sebuah inspirasi besar dari penaklukan kota Konstantinopel oleh Sultan Muhammad II (al-Fatih) adalah bukti bagaimana aksioma benteng Konstantinopel yang telah menjadi benteng terkuat selama satu milenium lebih itu akhirnya ditaklukkan dengan pertolongan Allah. Terakhir aku membaca tulisan indah karya ustadz Felix Y. Siaw di atas kereta waktu mau berangkat ke Jakarta, butuh 5 jam saja untuk menyelesaikan 310an halaman itu. Mengapa? Karena memang inspiratif banget kisahnya.

Sebenarnya jejah Mehmed II ini memang sejak lama sudah ku kenal. Dan aku sangat terinspirasi dari kepemimpinan beliau. Masih muda tetapi sangat luar biasa. Cara-cara yang beliau lakukan untuk mewujudkan mimpi dan bisyarah Rasulillah itu memang diluar kebiasaan pemimpin yang pernah ada. Memang demikianlah sejarah akan selalu menuliskan keberhasilan para pemimpin yang selalu inovatif, dan tentunya dekat dengan sang Maha Perkasa.

Aku mencoba menera sisi lain dari keberhasilan ini. Hasil didikan dua guru luar biasa, Syaikh Kurani dan Syaikh Syamsuddin telah menjadikan Mehmed muda yang nakal dan keras kepala menjadi pribadi kokok yang penuh keteguhan. Dan tentu saja kekokohan visi inilah yang menjadikan dia dipilih oleh Allah untuk membuktikan sabda Rasulullah sebagai pemimpin terbaik penakluk konstantinopel yang telah diucapkannya 8 abad sebelumnya. Di belakangnya ada pasukan terbaik pula yang selalu memegang teguh visi untuk bersama sang pemimpin.

Maka menjelmalah sebuah usaha keras itu menjadi sebuah karya sejarah. Siapa pun ketika tidak akan pernah menyangka seorang remaja usia 21 tahun memprakarsai sebuah meriam raksasa yang mengerikan sehingga mampu mengguncang benteng Konstantinopel yang tidak pernah tertembus hampir selama 1000 tahun. Siapa pula yang percaya bahwa pasukan beliau akhirnya mampu melayarkan kapal di darat dari Selat Bosphorus menuju Teluk Tanduk Emas hanya dalam semalam. Itulah ketika kekuatan visi yang kuat bertemu dengan energi yang tidak terbatas di alam semesta ini, kehendak Allah.

2 Comments

  1. penakebaikan

    cuman merinding aj baca buku itu, disambung buku beyond yang banyak bicara fakta ilmiah, disambung buku habits yang sangat aplikatif. …hemmm,insyaAllah masih bnyak buku bermutu yang bisa pemuda muslim lahap habis..,

    (hemm ini bukan promosi buku dr bakul buku loh, hany ingin menyetrumkan semangatnya Al fatih di 1453.dan janjinya kemudian Islam akan kembali menang dan berjaya….saiapa mau andil memperjuangkannya??? baca buku ini smpe habis…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.