Jika ada yang bilang pemimpinnya korupsi, suka nilep uang rakyat. Cek aja di sekitar kita, sering bohong ga sama ortu waktu minta uang saku, ada ga takmir yang korup infaq jamaah, ada ga bendahara desa yang suka nyunat, kayake jumlahnya masih banyak.

Jika ada yang bilang pemimpin cuma omdo ga pada kerja. Cek aja kita, jangan-jangan kita omdonya lebih parah (suka misuh2, berkata-kata kotor), suka nuntut2, ngatur2 yang lain berlebihan, dan lagi-lagi yang begitu pasti banyak.

Jika ada yang bilang pemimpinnya males, tidak peka terhadap rakyat. Cek lagi sekitar kita, berapa banyak pemuda yang peduli dan berpikir tentang perubahan. Berapa yang bersemangat untuk berbenah dan mau diatur.

Jika ….. cek …..

Meskipun inisiatif dari tokoh penggerak perubahan itu penting, tetapi inti dari perubahan itu adalah gerakan bersama. Mau mengharapkan pemimpin yang baik? Cek terus diri kita sambil terus bekerja di ranahnya masing-masing. Seberapa seriuskah kita memperbaiki diri kita? Seberapa baikkah harapan kita kepada para pemimpin yang ada sekarang? Seberapa tulus doa kita untuk kebaikan mereka dan kebaikan negeri ini? Seberapa sabarkah kita menghadapi situasi dan kondisi sekarang? Sebarapa santunkah kita saling menasihati satu sama lain agar tercipta ukhuwah dan perbaikan? Jika belum, ha ha ha. SABAR mas Bro!

Di pergerakan apapun Anda, di parpol yang mana Anda, kalo masih suka nyinyir, black campaign, dan ghibah maka …. (simpulkan sendiri)
Di level manapun Anda di masyarakat, kalo masih mudah terprovokasi dengan kabar burung atau kabar onta maka … (simpulkan sendiri)

Facebook

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.