Ceritanya sekitar 3 pekan ini aku banting stir dari penulis biasa menjadi onliner. Tidak tanggung-tanggung, ini adalah sebuah transisi untuk mewujudkan mimpi bisnis sesuai dengan peta hidup yang aku rancang waktu presentasi pengajuan beasiswa aktivis dahulu. Hanya saja, aku tidak melakukan bisnis yang kurencanakan di peta hidup itu, soalnya itu bisnis bersama yang ternyata berakhir dengan perbedaan jalan masing-masing dari personal tim itu. Bisnis itu dulu adalah distro pakaian dan desain.

Kini aku menemukan passionku yang sesungguhnya. Menulis dan online di dunia web. Pertama aku memang suka dengan info-info baru dan suka berbagi sudut pandang baru. Hanya saja sebelum-sebelumnya aku belum menemukan logika bagaimana agar tulisan dan ide-ideku ini menghasilkan uang. Kini aku mulai menemukan simpul-simpulnya itu.

Setidaknya aku mulai belajar untuk mengerti tentang skema bisnis online dan penunjangnya yang sesuai dengan karakter pribadiku. Aku belajar dari SEO fighter (kata salah satu guru onlineku menyebut dirinya sendiri) dan Content Oriented Person yang kini sering banget kutebengi online-nya. Lama-lama malu sih, aku harus segera punya penghasilan lebih untuk ikut berkontribusi memakmurkan rumah yang sering dipakai bersama ini, khususnya dalam online.

Masalah baru timbul karena aku harus membiasakan jadwal hidupku yang baru. Sedikit tidur dan banyak membaca dan bekerja. Malam terus mengupdate informasi dan banyak membaca. Tidur beberapa jam saja. Pagi-pagi harus siap buat apa yang telah dibaca tadi malam. Agak siang sampai sore harus melanjutkan TA (ra ketan sithik2), konsultasi dosen, ketemu birokrat (kalo SIM dan BA memerlukan), sorenya mungkin syura atau tatsqif.

Hari ini aku belajar dan bersyukur atas anugerah kesehatan yang Allah berikan. Bulan Maret ini mungkin aku sangat keteteran mengatur jadwal. Karena masih tahapan set up web yang ke depan kuharapkan bisa menjadi kerajaan bisnisku. Butuh penjadwalan ulang atas aktivitasku. Sebenarnya aku punya banyak waktu luang, tapi facebookan dan online yang terkadang kurang terkontrol menyebabkan aku merasa sibuk dalam kondisi-kondisi tertentu.

Semoga April depan aktivitasku mulai teratur kembali. Memulai kehidupan baru dan menemukan passion lama yang hilang adalah anugerah yang tidak pernah di sangka. Aku akhirnya sadar, fisika, matematika, sejarah, politik, agama, dan berbagai referensi pengetahuan yang kusukai saat ini itu adalah konten. Ia akan bernilai ketika aku bisa mengelola dengan passionku. Konten itu akan bermanfaat ketika aku tak berhenti menulis. Konten itu akan bermanfaat lebih banyak ketika aku mengelolanya dalam dunia online sesuai dengan karakterku.

Terima kasih Allah atas kekuatan dan kesehatan yang Kau berikan. Aku hanya bisa berkata, “Jika selama proses ini aku bersalah, bermaksiat baik disengaja atau pun tidak, tolonglah untuk diingatkan sehingga mudah lisan ini beristighfar dan segera memperbaiki diri“. Proses kita berjuang itu tidak akan pernah lepas dari kesalahan, tapi ada anugerah yang tidak setiap orang mengerti, yaitu menyadari kesalahannya. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk perjalananku ke depan!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.