Hari ini adik-adik SMA sederajat di seluruh Indonesia sedang mengikuti Ujian Nasional (kecuali yang tertunda gara-gara ga ada yang bisa dikerjakan, maklum naskah soalnya belum sampai). Hari ini pula, insya Allah kita sudah bisa bercakap-cakap meskipun tidak pakai mulut dengan Bapak Presiden kita yang 2 hari lalu telah membuat akun twitter pribadi yang langsung verified (mbuh piye carane yang penting beliau dah punya akun asli tulen dari pengawasan beliau). Lha terus apa hubungannya?

Pertama, Alhamdulillah Pak SBY telah menyapa para murid untuk optimis menyambut Ujian Nasional baik yang punya akun twitter lebih dari satu, satu saja, atau kurang satu. Semoga motivasi pak Presiden memberi sesuatu yang tersendiri di benak murid-murid yang kini tengah berjuang.

Kedua, semoga filosofi lahirnya twitter SBY itu menjadi pemicu untuk terjadinya gerakan bangsa yang jujur. Nanti ujian jujur, pejabat mulai jujur, pencuri mulai jujur (yah ketangkap dong), dan Presidennya mulai jujur. Semua jujur, entah jujurnya gimana, yang penting suka dengan jujur dulu. Entah nanti kemudian muncul minuman dan makanan dengan label JUJUR yo wis ben.

Ketiga, semoga keterlambatan soal Ujian Nasional ini tetap mampu menjamin siswa yang ujiannya belakangan untuk tidak melakukan tindakan tak terpuji dengan melakukan eksplorasi kepada mereka-mereka yang sudah, meskipun kemungkinan soal yang mereka kerjakan berbeda. Tapi setidaknya ini menguji kemampuan dan mental siswa untuk tidak mengeluh, tetapi justru selalu siaga 45.

Semoga tulisan yang sulit ini dapat dipahami dengan cara yang mudah. Kesulitan itu hadir karena dipahami secara sulit, dan kemudahan hadir karena dipahami secara mudah. Jadi mari bermudah-mudah dalam memahami kemudahan persoalan agar yang sulit-sulit tidak sulit dipahami. #mubeng

Pesannya : Adik-adik kerjakan ujian dengan JUJUR ya. Banyak berdoa dan yakin bisa atas usaha sendiri (tentu dengan pertolongan Allah). Bravo anak Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.