Sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan seluler yang menduduki tiga besar di tanah air, XL kini telah berhasil meraih banyak kesempatan untuk memberikan layanan kepada masyarakat, khususnya segmen remaja. Aneka program layanan yang pro remaja membuat operator yang satu ini cenderung lebih disukai oleh para remaja, meskipun keberadaannya selalu bersaing dengan operator lainnya yang juga masuk dalam tiga besar, kecuali Telkomsel.

Menurut buku laporan XL tahun 2012, perusahaan ini telah berhasil memperoleh keuntungan sebesar 2,2 triliun rupiah. Dari capaian tersebut menurut sumber bisnis.com satu persennya digunakan dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) XL atau kurang lebih sekitar 28 miliar rupiah. Angka tersebut terbilang cukup besar jika dapat dimanfaatkan dengan program-program terencana dan berkelanjutan dalam membantu pemerintah menangani masalah sosial.

Salah satu masalah yang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah saat ini adalah pembangunan kawasan-kawasan tertinggal. Ada beberapa titik kawasan di nusantara ini yang belum tersentuh kemajuan. Apalagi jika dibandingkan dengan kota-kota di pulau Jawa dan Bali. Kawasan-kawasan itu adalah kawasan pedalaman Indonesia. Di Sumatera, kawasan-kawasan pedalamannya sudah tidak seasing dulu lagi. Kalimantan juga demikian seiring gencarnya pembangunan di sana.

Bagaimana dengan di Sulawesi? Saat ini pemerintah daerahnya sedang bergiat membangun setelah adanya pemekaran. Nusa Tenggara? Khususnya Nusa Tenggara Timur, kondisinya juga jauh dibandingkan dengan daerah di sebelah baratnya, masih banyak daerah-daerah yang tertinggal dengan kawasan pedalamannya yang belum tersentuh pembangunan secara maksimal.

Apalagi di kawasan Maluku dan Papua. Meskipun kedua wilayah besar ini terkenal kaya dengan potensi sumber daya alamnya, faktanya masyarakatnya secara umum lebih merana dibandingkan masyarakat Jawa yang tidak memiliki simpanan kekayaan sebanyak mereka. Maka kesenjangan ini adalah pekerjaan rumah yang paling pelik bagi pemerintah Indonesia dari masa ke masa.

Dengan perkiraan dana CSR setiap tahun sebesar itu, tentu saja XL sebenarnya bisa berperan untuk pengembangan masyarakat di kawasan tertinggal, terlebih daerah pedalaman. Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor telekomunikasi tentu hal ini sebenarnya juga sekaligus membuka jaringan baru di tanah-tanah pedalaman Indonesia yang saat ini belum tersentuh informasi, baik informasi kepada mereka, ataupun untuk bangsa Indonesia.

Untuk mendukung program CSR XL yang saat ini lebih banyak bergerak pada penyediaan fasilitas-fasilitas IT di sekolah, khususnya di kawasan perkotaan yang m melalui XL Peduli Pendidikan atau yang mulai menjamahi dunia kampus dengan XL Future Leader-nya. Selain itu CSR XL juga bergerak dalam pengembangan masyarakat melalui penanganan kebencanaan dan program internet Sehat yang kini telah digelar tiap tahun.

Program-program tersebut sangat positif karena menyasar pada sisi-sisi yang potensial dan penting. Namun alangkah baiknya jika program tersebut bisa disinergikan dalam satu program jangka panjang yang berkelanjutan. Penulis mengusulkan adanya XL Brotherhood : Akademi Sosial XL untuk Pedalaman Indonesia. Program ini merupakan kombinasi sekaligus antara XL Peduli Pendidikan, XL Future Leader sekaligus Community Development.

Bagaimana bentuknya?

Kalangan pengguna XL adalah kebanyakan anak-anak muda. Terlebih sekarang XL telah gencar mengincar kampus-kampus besar di tanah air sebagai salah satu ladang berburu mahasiswa hebat (baca aktivis) yang mampu untuk mengemban misi kepemimpinan dengan XL Future Leadernya. Alangkah lebih bagusnya jika program XL Future Leadernya bukan lagi sebagai program pemilihan personal, tetapi pemilihan tim yang memiliki social project yang bermanfaat untuk memajukan kawasan-kawasan pedalaman Indonesia.

Social project tersebut adalah sebentuk Akademi Sosial yang dirancang oleh sekelompok mahasiswa dalam pemilihan XL Future Leader sebagai program tahunan untuk memajukan pendidikan dan perekonomian masyarakat di kawasan pedalaman Indonesia. Mahasiswa-mahasiswa di kampus yang dipilih XL atau malah sebaiknya dalam bentuk kompetisi nasional mengirimkan proposal social project tentang Akademi Sosial yang mereka rancang selama 6 bulan di suatu daerah pedalaman di Indonesia.

Kecakapan para mahasiswa dalam merancang sebuah program Akademi Sosial yang aplikatif dan berdaya guna akan menjadi prioritas mereka dipilih dalam XL Future Leader dan mendapatkan pendanaan untuk menjalankan program tersebut di tempat yang mereka ajukan. Sebagai apresiasinya, XL memberikan beasiswa kepada para mahasiswa terpilih dalam studinya ke depan setelah mereka menyelesaikan project social mereka. Dalam hal ini XL tinggal menggandeng pihak pemerintah dan perguruan tinggi untuk membantu mendukung kegiatan tersebut.

Dukungan dari perguruan tinggi dapat berupa penyambungan program KKN dan berpadu dengan pemerintah. Jika hal ini dapat dilakukan, meskipun tidak di banyak tempat setiap tahun, maka sebenarnya akan menjadi lebih solutif untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan dan perekonomian rakyat. Jika rakyat terangkat ekonominya, sudah pasti XL selaku perusahaan telekomunikasi juga akan menjadi pemetik yang awal mengingat pentingnya sarana komunikasi hari ini. Selain itu, program ini menjadi sinergi dengan berbagai program penanggulanan kemiskinan dan masalah pendidikan yang banyak dilakukan oleh lembaga-lembaga nirlaba di tanah air.

Apa manfaatnya?

XL Brotherhood : Akademi Sosial XL untuk Pedalaman Indonesia ini mampu memadukan berbagai potensi. Pertama hal ini menggugah kesadaran generasi muda untuk peduli kepada saudara-saudaranya di kawasan tanah air ini. Selain itu, fokus pengeluaran dana CSR XL akan lebih banyak berguna untuk investasi sumber daya manusianya, bukan pada infrastrukturnya saja. Saat ini, investasi SDM lebih diperlukan untuk menyelamatkan bangsa yang semakin terpuruk karena keterbelakangan mereka.

XL Brotherhood hanyalah sebuah gagasan sederhana bagaimana agar perusahaan sekelas XL atau pun operator lainnya mulai membuat sinergi pada program-program CSR-nya sehingga memiliki dampak yang kuat pada masyarakat sasaran. Dan tentu saja, XL Brotherhood ini menjadi sebuah cita rasa baru bahwa pemuda Indonesia peduli terhadap bangsanya.

Semoga mimpi ini dapat diwujudkan oleh XL atau pun perusahaan besar yang ingin bersungguh-sungguh tumbuh dan berkembang bersama Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.