He he, sebelumnya mohon maaf terlebih dahulu kepada rekan-rekan KAMMI yang tadi ikut diskusi. Setelah membaca laporan notulensi yang diposting oleh admin FB Kammi UNS, saya perlu menyampaikan penjelasan tambahan yang menyangkut pernyataan-pernyataan saya agar tidak menimbulkan salah persepsi di kalangan para pembaca.

# mahasiswa melakukan aktivitas-aktivitas semacam ini (diskusi-red) adalah bentuk aktivitas yang seyogyanya “biasa“ dilakukan mahasiswa, sebagai salah satu upaya melunasi janji kemerdekaan

# sejarah merupakan landasan filosofis bagi kita untuk bergerak ke depan, diiringi dengan kemampuan intelegensia yang dimiliki setiap orang

# tentang visualisasi tadi saya menyinggung soal kegiatan upacara2, iklan2 hari ini yang menyangkut hari pahlawan (koreksi sedikit)

# sejarah itu rekonstruksi tentang masa lalu yang dituliskan untuk menjadi pedoman di masa selanjutnya

# terkait pertanyaan Amin tentang siapa Soekarno dan komunis yang membayanginya saya menjawab kurang lebih seperti ini, “ini bukan sebuah kepastian jawaban, tapi tentang dirinya ada banyak versi yang kita dapati. Dalam buku-buku sejarah yang umum, dia sosok yang hebat, dalam buku-buku yang dahulu sependapat dengan Kartosuwiryo, dia dianggap berkhianat dan menghancurkan berdirinya negara Islam. Dalam buku Soekarno File, dia disebut pro komunis dan akan menjadikan Indonesia sebagai negara komunis. Dan jika kita membaca tentang Peter Bek yang dikenal sebagai agen freemason, maka kematian Soekarno dan kejatuhannya adalah karena campur tangan sang agen tersebut. Namun demikian, saya pribadi menyimpulkan bahwa Soekarno adalah orang besar, presiden terbaik yang pernah dimiliki bangsa ini di antara presiden yang lain. Keberaniannya membawa Indonesia keluar dari PBB ketika itu bisa jadi karena dia melihat adanya dominasi kapitalisme di PBB dan dia membangun poros Jakarta – Peking – Moskow sebatas membuat perimbangan kekuatan saja.

# tentang hal-hal yang sifatnya gado-gado tadi untuk menekankan dua hal, pertama mengajak teman-teman menganalisis logika sejarah yang sudah umum berkembang saat ini seperti peralihan masa Hindu-Buddha ke Islam dan penyebaran Islam itu sendiri di Indonesia, yang kedua adalah konsep para ulama yang juga niagawan dalam membangun dakwah di nusantara melalui penguasaan pasar yang diiringi dengan pembentukan lembaga pendidikan dan kaderisasi santri

# tentang revolusi China sebenarnya saya mau menjelaskan bahwa sejarah ketika ia adalah sebuah rekonstrusi masa lalu untuk membangkitkan semangat kebangsaan maka akan mewujudkan sebuah perubahan besar, seperti tulisan Luo Guan Zhong yang menulis Three Kingdom untuk mengingatkan kembali masyarakat China akan kebesaran leluhur mereka. (Mungkin paparan saya yang kurang jelas)

# tentang Gerakan, saya menyampaikan prinsip sebuah gerakan. Ide yang menjadi sebuah gerakan adalah yang bisa diduplikasi. Seperti Indonesia Mengajar, dia tetap saja aktivitasnya seperti itu, tetapi dia berhasil menginspirasi lahirnya model-model gerakan yang sama di seluruh Indonesia. Maka saya bilang ke KAMMI, karena SDM-nya banyak tersebar ke seluruh Indonesia, maka tinggal merumuskan sebuah ide untuk menjadi sebuah gerakan yang harapannya bisa seperti itu.

Demikian beberapa notulensi tambahan dari saya. Bukan bermaksud apa-apa, kecuali memperjelas saja notulensi yang telah dibuat adik-adik tadi. Semoga tidak menimbulkan kesalahpahaman bagi teman-teman yang membaca. Mari kita berlapang dada dan menggunakan akal yang jernih setiap kali memahami sesuatu hal karena setiap kita juga belajar untuk menata kata-kata dan pengertian yang harapannya juga bisa dimengerti orang lain. Kedepankan rasa saling pengertian, diikuti tabayyun, tidak diluapi prasangka, apalagi emosi yang lebih banyak menyulut provokasi di antara sesama kita.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.