Taraa, hari ini katanya hari ibu ya. Beberapa hari lalu pesan masuk ke dalam ponselku bahwa paket telah dikirim untuk ibuku tercinta. Anehnya aku di Jerman sekarang, dan kirimannya itu tertuju rumahku di desa, tepatnya buat bunda tersayang. Yah, itu semua karena jasa kawanku yang keren, yang udah kuanggap seperti kakak sekaligus tante (lah yang benar yang mana, tante atau kakak? terserah). Intinya aku mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya buat beliau yang udah mau kupinjami uangnya dulu buat ngasih kejutan buat bundaku di sana.

Tentang hari ibu, tak banyak yang kulakukan. Menurutku setiap saat adalah hari ibu, hari di mana kita selalu mengingat jasa orang tua kita, khususnya jasa ibu yang telah merawat kita hingga dewasa seperti sekarang. Maka hari ini aku lebih banyak beristirahat setelah seharian kemarin kami berjalan-jalan menyusuri kota Aachen, kota kenangan yang mengingatkanku pada seorang yang begitu kukagumi sebagai pelopor kebangkitan intelektual Indonesia, yaitu Habibie. Mengapa? Karena beliaulah orang yang menginspirasiku tentang arti berbuat baik kepada ibunya yang telah merelakan seluruh tanahnya di Sulawesi untuk mengantarkan Habibie ke tanah impiannya hingga akhirnya beliau dapat menjadi orang yang berkontribusi besar bagi dunia.

Tentang hari Ibu, maka aku mencoba memahami perjalanan Habibie yang kuliah di RWTH Aachen tanpa beasiswa seperti mahasiswa Indonesia yang lain namun berhasil memperoleh prestasi yang cemerlang. Itulah sebuah bukti yang beliau persembahkan untuk bundanya tercinta yang ketika itu harus berjuang sendirian menghidupi seluruh saudara-saudaranya karena sang ayah telah wafat ketika beliau masih kecil. Sudahkah aku kini memberikan yang terbaik untuk ibu? Hemm, pertanyaan yang akan terus mengguncangku sekaligus menggugah semangatku untuk terus berkarya dan berkarya.

Jadi ingat deh dengan lagunya Maher Zain terbaru, The Number One for Me.Ya, ibu merupakan yang nomor satu buat kita di antara orang-orang yang masih hidup dan harus kita hormati saat ini. Karena tidak ada satu pun orang di dunia ini (yang masih hidup saat ini) dapat menggantikan pengorbanan beliau. Maka saatnya aku harus mempersembahkan sesuatu yang berharga untuk mengundang senyuman terindahnya. I’d like to put a smile on your face everyday.

Tentang Mother day, aku juga ingin bercerita tentang Motherland, Indonesia. Ketika di perjalanan menuju restoran Asia di beberapa hari lalu, aku sengaja menyanyi di mobil. Ketika itu juga, Prof. Tausch bertanya kepadaku lagu apa yang aku nyanyikan, aku menjawab lagu-lagu dari Indonesia. Kemudian beliau meminta kami berempat menyanyi bersama. Dan kami mempersembahkan untuk beliau sebuah lagu Tanah Airku. Ketika aku menyanyikan lagu itu aku sangat terharu dan menjadi ingat dengan tanah kelahiranku yang sangat indah dan permai itu. Kawan, mari sejenak kita dengarkan lagu itu.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=xUMho_mgBJE]

tanah airku tidak kulupakan

kan terkenang selama hidupku

biarpun saya pergi jauh tidak kan hilang dari kalbu

tanahku yang kucintai engkau kuhargai

 

walaupun banyak negeri kujalani

yang masyur permai dikata orang

tetapi kampung dan rumahku disanalahku rasa senang

tanahku tak kulupakan engkau kubanggakan

Demikianlah sekelumit hari ibu yang kurasakan hari ini di sebuah negeri nun jauh di sana. Di tanah Eropa, salah satu tanah impian yang akhirnya telah kesampaian. Salam cintaku untuk ibu dan ibu pertiwi.

4 Comments

  1. penakebaikan

    wah lagu terakhir bikin terharu,dika..kmrn smpat menyaynyikan brng2 itu ama anak anak YE
    smoga dapt menyanyikan itu suatu hari dinegeri luar sana, pasti seperti yang kau rasakan

    yang nerima paket mga gak bingung , ada Jasa pngrman brbahsa indnsia dari negri jerman-
    waaaaa..trmksh kmrn malah jadi pancingan orderan paket hari ibu kmrn dari pelanggan lain,tra lalala
    #heheh/e emang selalu ada peluang bisnis meskipun dri hal hal yang konyol (ilmu dagang yang keluar spontan..) wkwkwkw

    1. ardika

      Ha ha, bingunglah tante. Dan mamaku heboh banget tau.
      Sama, aku kan bisa jualan barang-barang elektronik habis ini. Kalo mau gadget, laptop dan seperanakannya dengan harga terjangkau, silahkan hubungi aku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.