Sehabis praktikum bersama Tim, kami makan siang dan melanjutkan kuliah dengan Dr. Simone. Kali ini temanya keren, sangat tidak biasa dan dapat menjadi rujukan metode pembelajaran bagi guru-guru deh. Yaitu pemanfaatan sinema/ film sebagai media pembelajaran.

Dalam perkuliahan ini Dr. Simone memberikan paparan tentang banyaknya film Hollywood yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar/ tepatnya sumber masalah untuk dianalisis. Kuncinya adalah persiapan guru dalam mengelola dan membuat penugasan dalam pembelajaran. Sehingga di samping siswa mendapatkan hal yang menarik dalam belajar, mereka juga dapat ilmu dalam menganalisis dan mengkritisi sebuah trik di film-film fiktif tersebut.

Beliau mengambil contoh film Dante’s Peak, tentang fenomena alam kegunungapian. Ternyata di sana pada interval waktu (adegan) tertentu ada permasalahan yang dapat dikaji dan menjadi bahan diskusi untuk siswa. Titik tekan kajiannya adalah

  1. Realistiskah kejadian itu jika ditinjau secara teoritis berdasarkan ilmu yang dipelajari. Hal ini akan melatih rasionalitas siswa untuk tidak mudah “nggumunan” terhadap fenomena alam, tetapi justru dapat mengambil sisi lain untuk digarap menjadi sebuah penelitian.
  2. Komponen apa saja yang dapat dipelajari di sana dan pengetahuan apa saja yang telah di dapat.
  3. Apa kesimpulan kita terhadap film tersebut, dalam kaitannya terhadap akselerasi pemahaman sains.

Titik tekan kajian di atas sebenarnya hasil refleksiku setelah Dr. Simone membeberkan banyak hal yang dapat dikaji dari beberapa adegan yang beliau tayangkan.

Bagaimana dengan pembelajaran fisika, sepertinya menarik untuk aku kembangkan model pembelajaran seperti ini. Yang jelas, semua butuh persiapan sebelum mengajar sehingga nantinya dapat membuat siswa semakin mengerti tentang alam dan membuat mereka dapat bersikap benar terhadap alam ini nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.