Permintaan Sa’ad bin Abi Waqash yang keren, mencerminkan tingkat pemahamannya yang luar biasa (maka tidak heran jika Allah menitipkan kemenangan kaum muslimin saat melawan Persia lewat kepemimpinannya)

Sa’ad : Ya Rasulullah, doakanlah aku agar Allah mengabulkan doa-doaku

Lihat permintaan Sa’ad, keren sekali bukan. Beliau tahu bahwa do’a Rasulullah itu mustajab, maka beliau ibaratnya meminta kunci agar seluruh hajatnya dikabulkan oleh Allah

Ternyata Rasulullah memberikan pelajaran kepada kita bahwa ada SOP agar doa kita terpenuhi

Rasulullah : Baiklah Sa’ad, bantulah aku dengan menjaga makananmu (maksudnya pastikan yang dikonsumsi itu berasal dari yang halal)

Pengertian ini diperluas bahwa agar doa-doa kita terijabah di sisi Allah, jangan biarkan hal-hal yang haram melekat dalam diri kita baik itu makanan, pakaian dan hal-hal lainnya.

Itulah hal sederhana yang pernah dilakukan oleh Recep Tayyip Erdogan sebelum menjadi perdana menteri di Turki. Saat masih menjadi walikota Istambul, salah satu kebijakannya yang keren adalah melakukan pengawasan makanan agar masyarakat Istambul yang muslim memakan makanan yang halal dan terbaik. Kebijakan ini tentu dibungkus dalam mekanisme yang sangat cantik sehingga dapat dijalankan di tengah pemerintahan yang sangat sekuler di Turki.

Facebook

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.