Selanjutnya adalah kisah dari tentang masyarakat dalam dinding yang menyebalkan. Yakni orang-orang yang hanya banyak berkomentar dan tidak menghargai para pejuangnya yang melakukan pengorbanan di luar dinding. Siapakah para pejuang itu? Yakni para pasukan Recon Corps atau pasukan pengintai. Mereka adalah bataliyon yang berani keluar dari dinding untuk berhadapan langsung dengan para Titan sekaligus mencoba mencari rahasia untuk mengalahkan mereka.

Pasukan Recons Corp lah yang berjasa untuk mempelajari keberadaan para Titans sehingga mereka dapat mengetahui cara membunuh Titan yang paling cepat. Namun karena keberanian mereka mengambil resiko bertempur di luar dinding kerap kali mereka pulang dengan penuh kehancuran usai bertempur di luar. Banyak dari pasukan yang hilang dimakan oleh para Titan dan perbekalan mereka rusak. Rakyat yang cerewet hanya bisa berkomentar sinis setelah para pejuang itu sedemikian gagah berani bertempur di luar sana. Memang, para pecundang akan lebih suka menyindir dari pada bertempur.

Nah, di saat para pasukan Recons Corp pulang sang komandan dan para pasukan tertunduk lesu berjalan di jalan-jalan kota diiringi sumpah serapah masyarakat yang menyebalkan tadi. Namun hal itu tidak bagi Eren yang sejak awal melihat mereka dari kejauhan. Erenlah salah satu di antara pemuda yang tetap menaruh kebanggaan kepada pasukan itu. Di saat yang lain menjadi komentator yang menyebalkan, Eren justru memberikan ekspresi kekaguman pada mereka yang ini akhirnya disadari oleh Erwin sebagai salah satu bagian dari pasukan pengintai yang akhirnya dia menjadi komandan di kemudian hari.

Peristiwa itu pun terulang ketika Eren telah menjadi bagian dari pasukan pengintai. Kepulangan pasukan Recons Corp yang sial setelah berhadapan dengan Titan Wanita membuat pasukan besar itu hancur dan kehilangan beberapa prajurit terbaik mereka. Tak pelak jika komandan Erwin mendapatkan sumpah serapah yang mengerikan dari rakyat yang mengiringi perjalanan mereka di sepanjang jalan kota. Namun mata Eren juga kembali menangkap sosok pemuda yang begitu bangga menatap iring-iringan pasukan ini dari kejauhan.

Kawan, inilah lilin-lilin yang terkadang kita lupakan. Kita seringkali terlalu fokus pada umpatan dan caci maki para badut di sekitar kita, namun lupa memperhatikan satu dua yang begitu antusias melihat perjuangan ini. Menjadi bagian dari pasukan pengintai bagiku adalah kesempurnaan pilihan hidup dari kisah yang begitu rumit itu. Di saat kebanyakan orang tertekan oleh teror ketakutan yang luar biasa atau sibuk dengan menumpuk kekayaan pribadi, pasukan Recons Corp-lah yang membuktikan bahwa dirinya lepas dari semua keinginan itu dan mereka memutuskan untuk berperang dengan gagah berani di luar dinding.

Setiap kali dalam perjalanan kita, kita hanya butuh hal-hal kecil ini untuk kembali bangkit. Usahlah peduli dengan cemooh dan caci maki para badut yang hanya tahu senang dan tidak peduli kesusahan orang lain. Mereka yang tak pernah mau berkorban tak akan pernah mengerti arti sebuah pengorbanan. Percayalah, pasti akan selalu ada satu dua orang yang memberikan optimisme di tengah suasana pesimisme yang luar biasa. Temukan itu dan lupakan mereka yang telah menyerah.

bersambung ….

1 Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.