Pernahkah Sobat menonton film Thailand yang diperankan oleh Peach atau yang memiliki nama lengkap Pachara Chirathivat, artis muda Thailand yang belakangan namanya mencuat setelah sukses membintangi film Suckseed bersama Jirayu dan Nattasha. Yah, film-nya berjudul Top Secret. Artinya Rahasia Top dong ya.

Nah siapa itu Top? Ternyata ini adalah film yang mengangkat kisah nyata tentang seorang pengusaha muda Thailand yang telah menjadi miliarder muda di negeri gajah putih itu, Top Ittipat. Dia kini dijuluki sebagai Mark Zuckerberg-nya Thailand. Serupa tapi tak sama, dan tentu saja capaian keduanya jelas jauh berbeda. Mark berbisnis di bidang IT dengan pendapatan yang sangat besar karena jutaan pengguna Facebook di seluruh dunia. Sementara Top adalah pengusaha cemilan rumput laut yang bekerja sama dengan 7 eleven dalam bidang pemasarannya. Meski kalah kaya, perjalanan Top Ittipat menarik untuk kita simak.

Awalnya dia hanyalah seorang anak muda yang sudah kecanduan game sejak kecil. Tiap hari yang dia lakukan hanyalah melakukan aktivitas itu sampai nasib belajarnya di sekolah buruk. Begitu hebatnya menjani aktivitas games, dirinya berhasil memiliki jutaan uang karena melakukan transaksi penjualan senjata dalam game kepada rekan-rekannya sesame pemain game online. Hidupnya sempat melenggang dengan aman karena uangnya yang berlimpah. Hingga suatu ketika game yang ternyata illegal itu dicekal dan akunnya dihapus. Maka habislah sudah sumber pendapatannya yang selama ini ia andalkan.

Musibah kedua adalah dirinya gagal masuk di universitas negeri karena memang tidak serius menempuh ujian. Selain itu keluarganya juga sedang mengalami masalah ekonomi yang mengakibatkan rumahnya dijaminkan dan akhirnya disita oleh Bank. Dari situlah dirinya akhirnya berusaha keras untuk melakukan berbagai bisnis agar dapat hidup mandiri dan membantu meringankan beban orang tuanya. Ketika bank mulai melakukan penyitaan, orang tua Top sudah mengajaknya pergi ke kehidupan baru mereka di China. Tapi Top menolak dan akan tetap berusaha di Thailand.

Di titik inilah aku mendapatkan banyak pelajaran berharga dari seorang pemuda yang bisa berubah drastis dari gamer menjadi pekerja keras. Bahkan demi perjuangan kerasnya dalam mewujudkan usaha, dirinya akhirnya rela melepas kekasihnya yang sempat membuat marah dirinya karena ucapannya terkesan merendahkan harga dirinya. Usaha demi usaha yang telah dia lakukan sebelumnya pun gagal. Namun dirinya tidak pernah berhenti untuk berusaha lagi. Segala yang ia punya dijualnya. Beberapa komputer yang jadi tongkrongannya selama ini, bahkan mobil yang berhasil ia beli dari uang game kemarin pun ia jual demi kesuksesan bisnisnya.

Usaha paling terakhirnya terletak pada bisnis rumput laut. Berbagai usaha dia lakukan agar dia menghasilkan camilan rumput laut yang renyah. Eksperimen tanpa lelah dia ujikan satu demi satu pada rumput laut yang baru saja dibelinya, sampai akhirnya dia memperoleh cara terbaik menghasilkan rumput laut yang lezat. Namun masalah belum usai, meskipun camilannya terkenal lezat, tapi karena pengemasan dan jaringan pemasaran yang masih kecil membuat usahanya tidak berkembang.

Akhirnya dirinya mendapat kesempatan untuk mempromosikan produk ke 7 eleven, sebuah perusahaan yang memiliki jaringan perdagangan di beberapa negara yang memperdagangkan berbagai produk makanan dari produsen yang bekerja sama dengannya. Awalnya dirinya ditolak karena kemasan produknya yang tidak menarik. Namun Top pantang menyerah, dia perbarui kemasannya. Lama menunggu untuk bertemu dengan pimpinan 7 eleven, Top hampir putus asa dan meninggalkan camilan rumput lautnya yang telah dikemas jauh lebih menarik itu kepada security gedung.

Sosok Top Ittipat yang sesungguhnya

Sosok Top Ittipat yang sesungguhnya

Keberuntungan pun datang padanya, karena beberapa karyawan kebetulan menyantap camilan lezat itu secara gratis. Hasilnya, dirinya dipanggil dan pabriknya akan diinspeksi oleh 7 eleven sebelum kerja sama resmi ditanda tangani. Top yang hanya memasak camilan rumput laut bersama pamannya di dapur rumah tentu kembali merasa sesak dalam memecahkan peluang yang besar ini. Dengan segala cara, dia pertaruhkan kesempatan ini untuk membangun pabrik dan mempekerjakan beberapa orang di sana.

Saat inspeksi datang, paman Top sempat membujuk untuk menyuap para petugas. Hampir saja Top melakukannya, tetapi dirinya ingat dengan nasihat security di awal-awal bisnisnya dahulu ketika dirinya berusaha menyuap satpam tersebut. Nilai kejujuran adalah hal yang harus selalu mengiringi upaya kerja keras. Meskipun sempat mendapat kritikan, namun akhirnya 7 eleven menyetujui kerja sama itu. Dan perjuangan mengapalkan camilannya yang pertama di atas kontainer menjadi babak baru kehidupannya.

Seorang gamer yang pemalas dalam belajar, akhirnya kini menjadi pengusaha sukses di usianya yang masih muda. Kegigihannya untuk mencoba dan bertanya langsung pada para pedagang membuatnya terus berkembang. Semangatnya untuk belajar dan berusaha hingga titik akhir akhirnya berbuah seperti hari ini. Dan inilah quote dari dia tentang kerja keras.

“Apapun yang terjadi jangan pernah menyerah, kalau menyerah habislah sudah.” (Top Ittipat)

Apakah Sobat tertarik menonton filmnya? Silahkan cari di toko-toko kaset terdekat atau …. (he he he, biasalah kalau orang Indonesia mesti tahu apa yang biasanya dilakukan).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.