Politik itu permainan logika tingkat tinggi, sampel eksperimennya otak-otak manusia yang ga tekan mikirnya. Kalo ga nyampe mikirnya, mending kerjain yang lain aja Om. Cukup pegang prinsip kejujuran dalam tindakan-tindakan kita, dan semampu kita melakukan. Rakyat biasa yang jujur yang lugu senjatane doa yang mustajab kalo dia sadar bahwa dia sedang dizalimi penguasanya dan tidak mengeluh hingga misuh-misuh. Tetap bekerja dan bersolidaritas dengan yang lain.

Jadi ingat nasihat guru IPS SMP ketika beliau mengajar sejarah. Pelajari sejarah dengan benar untuk memahami logika bagaimana politik itu bermain, jangan berpolitik dengan koran, karena itu menumpulkan analisismu. Terima kasih Pak Sumaryanta atas wejangannya di tahun pelajaran 2004/2005 itu, aku teringat dengan ruang kelas IX A ketika itu Anda memakai peci dan menuliskan kata kunci itu. Aku masih ingat, dan hari ini kata-kata Anda terbukti Bapak, bagaimana politik hari ini menjadi komoditas paling menarik dalam bisnis informasi untuk mempengaruhi pikiran banyak orang hingga dia lupa melihat masa lalu dengan cermat, dan berakibat mereka melihat masa depan dengan cemas.

Ya Allah, lindungilah bangsa ini dari kemerosotan adab dan perkataan yang kotor dari lisan-lisan bodoh nan dungu. Apapun pilihan kami tuntunlah kami untuk memilih yang terbaik dalam pandangan kami, dan biarlah Engkau yang akan menjaga dia yang terpilih. Jika ia yang terpilih adalah pribadi jujur dan benar, maka tolonglah urusannya dan menangkanlah perjuangannya. Jika ia yang terpilih adalah pengkhianat, segerakanlah hukuman untuknya agar negeri Indonesia ini dapat segera keluar dari cengkeraman angkara murka dan masyarakatnya dapat tersenyum cerah dalam kesyukuran pada-Mu.

Facebook

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.