Sahabat pembaca, pada tulisan sebelumnya telah kita bahas tentang pemanfaatan jejaring sosial dan mesin pencari agar aktivitas online kita di depan komputer menjadi lebih produktif. Nah kali ini kita akan belajar bersama tentang aktivitas blogging.

Blogging adalah salah satu aktivitas online yang saat ini banyak dilakukan. Seperti halnya jejaring sosial, blogging adalah aktivitas sharing dalam bentuk tulisan atau foto-foto yang lebih sistematis. Jika kita update status di Facebook atau membuat kicauan di Twitter cenderung tiba-tiba dan refleks, blogging cenderung dilakukan pada kondisi terencana dan lebih serius meskipun terkadang kontennya aneh sekalipun.

Fasilitas untuk blogging dinamakan blog. Saat ini banyak penyedia layanan untuk melakukan aktivitas blogging secara gratis seperti Blogger.com, WordPress.com, tumblr.com dan sebagainya. Untuk mendapatkan alamat blog kita, mula-mula kita perlu mendaftarkan diri di penyedia layanan tersebut untuk mendapatkan akun. Syaratnya mudah seperti halnya kita menggunakan jejaring sosial, yakni memiliki email.

Setelah kita memiliki akun di penyedia layanan tersebut, kita dapat mendaftarkan alamat blog kita. Misalnya kita menginginkan namanya SEMANGATKU, jika nama itu belum dipakai oleh pengguna yang lain kita akan punya blog dengan alamat semangatku.blogspot.com jika daftarnya di Blogger atau semangatku.wordpress.com jika daftarnya di WordPress. Jika ternyata sudah, silahkan gunakan nama yang lain atau diberi keterangan khusus misalnya tahun atau kode yang lain sehingga menjadi semangatku2013.blogspot.com.

Apa yang dituliskan di blog kita? Yah bebas. Tergantung tujuan kita membuatnya. Jika kita ingin menjadikannya catatan harian atau mingguan maka kita bisa bercerita tentang aktivitas yang kita lakukan. Bisa panjang, bisa juga pendek, bisa juga dilengkapi dengan foto-foto. Jika kita ingin menjadikannya tempat berbagi opini kita, maka kita bisa menuliskan ide-ide cerdas kita. Atau jika ia menjadi tempat gado-gado tentang suasana hati kita, ya boleh-boleh saja.

Bagaimana cara mengisinya? Tiap penyedia layanan berbeda-beda teknisnya. Dan itu tidak akan kita bahas di sini. Hanya saja kita perlu tahu bahwa para blogger yang menekuni dunia blogging ini tak jarang ada yang sukses berkeliling dunia karena kesukaannya menulis tentang tempat wisata yang dikunjungi sehingga justru mendapat dukunga dana dari sponsor. Ada juga blogger yang mendapat pemasukan dari iklan karena blognya laris manis dikunjungi ribuan orang setiap hari. Dan masih banyak keberuntungan lainnya dari aktivitas blogging. Pulsa modem kita jadinya tidak sia-sia kan. Dan waktu kita menjadi begitu berharga.

Bagaimana dengan Anda? Tertarikkah untuk blogging? Tak ada salahnya mencoba. Di bagian terakhir nanti akan kita perdalam rahasia-rahasia sukses beberapa blogger. Tetap stay tune ya.

Dari berbagai sumber

Bersambung ….

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.