Siang tadi, adik-adik Sonic (Solo Online Community) berkunjung ke markasku (eh kosq maksudnya). Janjian datang ke tempatku sudah sejak lama dan aku berpikir ada apa gerangan para jagoan IT itu mengunjungiku. Akhirnya siang tadi pertanyaan itu terjawab dengan sebuah buku bisnis yang mereka hadiahkan untukku. Wah, baik banget kalian adik-adik. Terima kasih ya.

Selanjutnya mereka mengajakku diskusi tentang masalah portal informasi online. Sejak kami dipertemukan dalam Festival Ilmiah Mahasiswa, hubunganku dengan trio Sonic itu tidak jauh-jauh dari masalah IT. Kali ini mereka mengkonsultasikan rencana mereka untuk membangun portal online tentang Solo. Sekelas mahasiswa yang kini kebanyakan sudah tidak bisa dibedakan lagi dengan anak-anak SMA, tentu ketiga adik Sonic jelas sudah memiliki pemikiran jangka panjang.

Untuk idenya aku no comment. Tetapi aku mengingatkan pada mereka bahwa sudah ada beberapa portal online yang bercerita tentang Solo dalam berbagai aspeknya, seperti www.terasolo.com, www.tentangsolo.com, dan masih banyak lagi portal informasi yang berbicara tentang Solo, maka pesanku adalah kebaruan ide dan keunikan apakah yang akan ditawarkan dalam web tersebut? Nah akhirnya kami berdiskusi banyak hal tentang masalah itu.

Singkat cerita, aku jadi semakin mengerti bahwa untuk dunia saat ini, IT memberikan kontribusi yang besar dalam memobilisasi dan mengedukasi manusia. Pembicaraan dunia IT tidak hanya tentang komputer, software, dan internet, tetapi saat ini berbicara IT adalah bagaimana membuat sebuah perubahan hidup baik untuk diri sendiri maupun masyarakat. Jadi IT itu sekarang bukan lagi pilihan, tetap seharusnya menjadi hal yang disadari untuk dipelajari sesuai dengan passion dan kepentingannya.

Konservatif terhadap IT berarti membunuh peluang untuk berbuat banyak. Jika para penjahat saja sekarang telah berhasil menggunakan IT sebagai sarana baru untuk kejahatan mereka yang tak terbatas, apalagi dengan kebaikan. Ini bukan masalah bersaing dengan kejahatan, tetapi berbuat baik saat ini bisa dilakukan dengan banyak cara dan sarana yang ada. Apakah kita hanya akan membatasinya dengan cara-cara yang klasik.

Jika yang membaca tulisan ini adalah mahasiswa, maka akan sangat Ironi jika Anda tiap hari Facebook-an tapi hanya membagikan keluhan dan kegalauan melulu. Akan sangat ironi pula jika setiap hari Anda online dengan smarphone atau tablet yang semua impor, termasuk operator selulernya yang kini sudah tidak dimiliki pemerintah, sementara apa yang dilakukan tidak bermanfaat. Uang kita melayang dengan sia-sia ke negeri orang.

Belajar IT saat ini penting!

2 Comments

    1. Yuli Ardika Prihatama

      Ha ha ha. Iya mbak, bisa buat berbagi ilmu, bisa buat mencari penghasilan, bisa buat mendamaikan orang-orang yang berselisih, bisa buat mengklarifikasi berita dll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.