Pagi ini, aku langsung dapat “tanggapan” dari BEM FT untuk menjadi pembicara (tepatnya menjadi pengisi suara) di pelatihan keilmiahan. Bingung juga mau bicara apa, karena waktunya singkat tapi berkaitan dengan keilmiahan, dan sudah pasti sangat tidak cocok jika di jejali materi teknis seputar karya tulis. Akhirnya, kuputuskan untuk stand up inspiration saja. Semoga bermanfaat.

Diawali dengan nasihat sang suhu, siapa lagi kalau buka Pak Sutanto Sastraredja yang keren, inovatif dan selalu berapi-api dalam membangunkan mahasiswa agar sadar dengan ke-mahasiswa-annya dan sadar dengan tanggung jawabnya.

Inspirasi masih selalu tentang inovasi, kali ini beliau mengungkap dua kisah, Pertama pemutusan mata rantai sejarah tentang inovasi yang dikembangkan bangsa Indonesia di masa Kerajaan Makasar berjaya. Kedua adalah kisah tentang sebagian bangsa Indonesia (dalam hal ini diwakili oleh para pengkhianat bangsa) yang telah mengubur hidup-hidup dunia inovasi Indonesia yaitu pesawat N250 dan semua industri strategis yang mengiringinya dengan bumbunya adalah film Habibie dan Ainun. Dari situ beliau mengungkap pentingnya inovasi bagi Indonesia dan penting mahasiswa sebagai perintis inovasi itu. Lebih lengkap simak di sini.

Dan selanjutnya adalah giliranku berbagi. Yah, karena tidak efektif jika aku mengungkap materi seputar teknis menulis karya tulis. Aku memilih bercerita sambil diisi motivasi untuk mewujudkan mimpi dengan karya ilmiah. Alhamdulillah, kisah tentang Paris, Louvre, hingga Ranger-Ranger SIM yang Geje mampu kusampaikan dengan tenang dan lengkap. Aku berharap materi yang kecil ini mampu menginspirasi adik-adik FT dan para pengurus BEM-nya untuk memulai berkarya. Yah, yang terberat bagi yang belum pernah itu adalah memulai. Yang berat bagi yang sudah pernah mencoba itu adalah meneruskan hingga selesai.

Dan acara ini diakhiri dengan inspirasi dari sahabatku, adik tingkatku, rekanku di Bakti Nusa Beastudi Indonesia Dompet Dhuafa, Greget Kalla Buana. Seseorang yang menurutku amazing dengan gayanya yang khas, dan perjuangannya yang luar biasa. Kaya pengalaman dan wawasan. Banyak prestasi yang ditorehkan. Dan hari ini aku belajar banyak dari para pembicara yang hebat itu. Alhamdulillah.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.