Hari ini aku hampir tidak berkonsentrasi mengikuti perkuliahan Dr. Anne tentang praktikum yang berkaitan dengan asam – basa. Yah, hari ini adalah perkuliahan untuk para calon guru agar mahir dalam melakukan berbagai bentuk demonstrasi kimia, karena memang Dr. Anne adalah tim prof. Tausch yang khusus menangani praktikum mahasiswa. Aku hanya berjalan ke sana kemari dengan pikiran nanti ujiannya gimana ya. Karena dengar-dengar dari mas Ferdi, ujian di Jerman itu lisan dan berkaitan dengan analisis, jadi kalo sampai lupa apalagi tidak paham jelas kelihatan bego’nya. Apalagi ketika hari kemarin Prof. Tausch bercanda dengan berkata, “If you can’t answer my answers, you can’t go to Indonesia”. Wah kok ngeri banget sepertinya. Dag dig dug dor.

Namun demikian, hari ini aku mencoba tetap santai dalam perkuliahan. Berkeliling ke sana ke mari bertanya (lebih tepatnya mengganggu) kepada tiap kelompok tentang apa yang mereka lakukan. Yah, ternyata hanya untuk masalah asam-basa saja ada banyak variasi praktikum yang dapat mereka lakukan. Namanya juga di Jerman, zat kimia untuk praktikum berlimpah, peralatan tersedia lengkap, dan instalasi laboratoriumnya canggih. Sudahlah, kalau nanti para pejabatnya sudah tidak korup, insyaAllah kita juga bisa membuat laboratorium seperti ini.

Edisi tambahan pada kuliah ini, Kay memberikan tiket gratis kepada kami untuk menghadiri konsernya. Wah, kalo aku mah tidak tertarik sih Kay, tapi satu temanku sepertinya jadi nge-fly gara-gara ini. Ah, lebay amat. Ya sudahlah, kuliah selesai dan kami segera persiapan untuk ujian akhir dari kegiatan perkuliahan yang kami ikuti selama 3 pekan ini.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.