Setelah kemarin bertamasya bersama Dr. Claudia, hari ini kami mengikuti kuliah beliau lagi, langsung 4 jam. Teler dah. Ada dua mata kuliah yang diajarkan hari ini. Pertama adalah didaktik und metodik (kalau di Indonesia kira-kira mirip dengan belajar dan pembelajaran). Seperti biasa, pengantar dan presentasi dari mahasiswa untuk sebuah materi tertentu. Aku tidak terlalu tertarik dengan mata kuliah ini, karena selain bahasa Jerman only (yang aku roaming berat), juga karena kondisiku hari itu kedinginan dan masih mengantuk. Jadinya pengin tidur saja rasanya. Singkat cerita, perkuliahan sesi pertamaku nothing saja.

Di perkuliahan kedua adalah kajian interdisipliner yang dikaitkan dengan kimia. Temanya adalah mengenal polimer dan aplikasinya. Di sini menarik sekali. Meskipun kami roaming dengan bahasa Jermannya, tapi kami dapat mengikuti presentasi beliau. Intinya ada banyak polimer yang harus kita ketahui di kehidupan ini hingga sampai dimanfaatkan jadi apa saja, misalnya plastik. Karena itu nanti terkait dengan sikap kita dalam menggunakannya. Untuk gelas plastik yang tidak tahan panas, maka kita tentu tidak akan menggunakannya untuk menyeduh kopi atau teh.

Jadi seorang guru, sebelum banyak berbicara teori kepada para siswanya terlebih dulu belajar untuk bersikap hidup dengan benar sesuai pemahaman yang telah didapat. Bagaimana mungkin akan mengajar kepada siswa, sementara sikap hidup kita masih seperti anak kecil yang tidak tahu apa-apa. Maka belajar kajian interdisipliner ternyata penting untuk digalakkan di kampusku agar wawasan mahasiswa lebih luas dan tidak terpaku pada rumus dan teori saja. Demikian cerita kuliah hari ini bersama Dr. Claudia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.