Memuliakan tamu adalah hal yang sangat ditekankan oleh Rasulullah, bahkan disandingkan kepada dengan ukuran keimanan seseorang kepada Allah dan hari akhir. Bagaimana dengan memuliakan seorang pembicara yang diundang? Bukankah dirinya juga tamu yang datang di forum kita? Ya, kita bisa menganalogikannya sebagai tamu bahkan lebih dari itu. Maka memberikan pelayanan istimewa kepada seorang pembicara adalah hal yang penting diupayakan setiap panitia. Tentu saja ukuran istimewa ini juga tidak harus berlebihan, hanya saja sebaiknya memang selangkah lebih baik dari yang bukan pembicara.

Dan ini yang kurasakan di akhir pekan yang baik kali ini. Dalam sejarah aku diundang pembicara, mungkin kali ini yang aku merasakan hal yang “lebih baik“ dalam pelayanan panitia sekelas mahasiswa. Yang jelas ini bukan berarti yang mengundang sebelumnya kurang baik, mereka baik semua, tetapi yang ini lebih baik. Fasilitas mulai dari penginapan dan konsumsi yang representatif tentu menjadi hal yang dipandang lebih oleh pembicara. Nyamannya Pondok Sari 1 menjadi saksi bagaimana panitia pengundang telah menunaikan tanggung jawabnya dengan baik.

Aku kemudian teringat dengan event-event yang pernah kuselenggarakan bersama teman-teman sewaktu masih aktif di organisasi kampus. Dari masa-masa yang panjang itu, mungkin aku baru bisa memberi sedikit kelegaan untuk diriku saat aku menjabat ketua umum Studi Ilmiah Mahasiswa, saat di mana mimpi dan idealismeku dapat banyak terealisasikan. Dalam sebuah organisasi, finansial merupakan salah satu hal penting yang harus diusahakan setelah kita berhasil membangun mental-mental pejuang dan kebersaaan dari keluarga organisasi tersebut.

Fasilitas dan apresiasi harus selalu dilakukan setiap waktu kepada mereka-mereka yang memang berdedikasi dalam kerja dan peran. Dalam standar kelembagaan, maka profesionalitas adalah kunci kesuksesan kerja bersama di sana, meskipun itu adalah organisasi nirlaba yang tidak berbicara untung rugi, tetapi tentang pengabdian dan pengorbanan. Dan profesionalitas salah satunya akan terwujud manakala finansial organisasi itu sehat.

Hari ini aku hanya ingin berbagi kesan tentang “good service“nya teman-teman jurusan Ilmu Pendidikan dalam menjalankan LKMM-nya. Meskipun aku tahu bahwa acara dapat berjalan karena dukungan finansial dari jurusan, tapi yang namanya pelayanan yang baik kepada peserta dan pembicara harus menjadi prioritas utama dalam kegiatan jika kita memang serius menyelenggarakan kegiatan. Jadi masalah finansial harus dipikirkan masak-masak dan diperjuangkan dengan kekuatan SDM yang telah dimanajemen dengan baik.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.