Berpacu Dengan Waktu : Perjuangan untuk Sebuah Visa di Kedubes Jerman

Seperti dengan cerita sebelumnya aku beristirahat di kontrakan teman yang juga kebetulan satu dusun. Teman bermain, teman mengaji, kakak dan sekaligus teman konyol di waktu masih di dusun dahulu. Alhamdulillah tadi malam bisa nginep dan banyak berdiskusi dengan beliau. Pagi ini atas kebaikannya aku diantar di halte dekat terminal Lebak Bulus untuk segera menuju Kedutaan […]

Inspirasi dari Kampus Biru #3

Setelah menikmati karya hasil ekskursi Mentawai 2012 aku berjalan-jalan di depan perpus pusat UI. Keren bener dah, ada danaunya yang luas dan begitu rindang. Aku ditawari sebuah komunitas yang hobi menggambar, “Mas, sini ayo kita menggambar bersama kami!”. Kubalas tawaran hangat mereka dengan senyum, dan gelengan kepala. Mereka kemudian asyik melanjutkan aktivitas mereka. Aku pun […]

Inspirasi dari Kampus Biru #2

Setelah KRL mulai berjalan, aku bisa beristirahat dengan santai. Ternyata KRL yang katanya sampai orang berdesak-desakan naik di tas gerbong pagi ini ga begitu. Dan nyaman banget. Yang pasti anti kemacetan. Ya iyalah, wong ga ada sepeda motor dan angkutan lain yang lewat rel. Dan …. hapeku hampir lowbat, padahal belum sampai Stasiun UI. Tapi […]

Inspirasi dari Kampus Biru #1

Prolog Sejak kemarin aku nekat berangkat ke Jakarta untuk mengurus visa perjalananku mewujudkan mimpi jalan-jalan ke Eropa. Meski uang saku ga punya, aha ada teman yang bisa dipinjemi buat beli tiket pergi-pulang. Setelah mengurus semua tiket dengan uang pinjeman itu, aku lega. Karena tiket sudah digenggaman. Trauma waktu kehabisan tiket di Pasar Senen setahun silam […]

Pengalaman Baru : Ngajuin Visa

Masih dalam edisi perjuangan ke negeri Pak Habibie belajar. Siang ini aku diminta untuk berkumpul dalam rangka mengisi pengajuan visa kunjungan ke Eropa lewat kedutaan besar Jerman (Schengen Visa). Setelah menjalani foto dan wawancara, dan tentu saja membayar administrasi paspor, aku mendapatkan nomor paspor untuk keperluan pengisian dokumen pengajuan visa (meskipun paspor belum bisa diambil […]

Saat Perjalanan Adalah Pencarian Diri

Hemm, bagi yang pernah dengar lagu “Menjemput Bidadari” karya Epicentrum pasti tidak asing dengan kalimat di atas. Tapi kali ini aku meng-copas-nya untuk memberi tajuk perjalananku hari ini. Sebuah perjalanan yang kurasakan sangat berbeda dari sekian perjalanan yang serupa. Perjalanan menuju pantai selatan, pantai nan indah di tempat kelahiran kami. Kejadian tak Terduga Rencananya hari […]

Pimnas 2012 di UMY : Refleksi untuk Berprestasi Tahun Depan

Pengalaman adalah guru yang paling baik Pimnas 2012 telah usai dan diputuskan bahwa Universitas Brawijaya sebagai juara umum. Bagaimana dengan UNS? Yah masih ada tahun depan. Begitulah jawaban yang bijak (atau dari pusing) mengingat tak satupun medali tahun ini diraih selain hanya juara favorit. Dan aku tidak mau berpusing ria tentang masalah itu, karena waktu […]

Green Married

Telah kupetik setangkai bunga Di dalam dunia ini Sebagai penghias yang mulia Dan mewangi ………………. (Maidany – Cinta Dalam Cinta) Hu hu hu, sejenak teringat lagu yang indah di atas waktu aku mau menulis kisahku waktu ke pernikahannya bulik Mega di Ngawi. Yah, lagu Maidany yang terkenal mellow tapi sangat kusuka. Dan mengapa juga aku […]

Perjalanan Ideologis

“Mas, ente di mana?”, tanyaku “Masih transaksi nih, tunggu bentar”, kata sang Suhu (Hadew, gimana coba kalo nanti kemaleman dan mobilnya tutup) Akhirnya dengan gagahnya sang Suhu datang dan menyapaku. “Ayo segera, aku mau liqo setelah ini”, katanya sembari memboncengku Akhirnya setelah melalui beberapa belokan kami kembali lagi dengan membawa sebuah Grand Max hitam. Lho […]