oleh Harry Hasan Santosa

Seorang muslim yg saya kenal bijak, membedakan antara kunci sukses, jalan sukses dan cara sukses.

Doa, berbakti pd ortu, shalat hajat adalah “Kunci Sukses”. Usaha, rajin, tekun, fokus, sungguh2 dsbnya adalah “cara sukses”. Namun perlu satu lagi yg sering dilupakan agar menemui takdir yg dikehendakiNya yaitu “Jalan Sukses”. Apa itu jalan sukses?

Jalan sukses adalah misi penciptaan spesifik utk kita. Ada misi umum penciptaan yaitu beribadah, misi ini berlaku umum termasuk utk manusia juga alam semesta. Ada misi khusus untuk manusia secara keseluruhan selain beribadah yaitu sbg imaroh dan khalifah.

Namun ada satu lagi misi spesifik penciptaan bagi individu, misi penciptaan bagi personal, biasanya disebut panggilan jiwa atau panggilan hidup. Ini unik adanya pd tiap manusia.

Inilah misi tugas khusus yg terkait dgn peran yg menjadi khas personalitas kita. Tiap manusia memiliki “syakilah”, atau jalan spesifik utk perannya sbg khalifah di bumi. Panggilan jiwa ini berbeda satu dgn yg lain. Misalnya menjadi penulis, menjadi pendidik, menjadi penasehat, menjadi peneliti dstnya dengan beragam turunan dan kombinasinya. Inilah jalan sukses itu.

Doa, tekun dan fokus pd peran. Kunci sukses, cara sukses dan jalan sukses. Takdir yg baik adalah resultant ketiganya. Huwallahu a’lam…

Facebook

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.