Sahabat, kali ini saya akan berbagi kisah perjalanan di Batu Seribu. Setelah lebih dari setahun yang lalu mengikuti kegiatan perkemahan kepanduan yang diselenggarakan di kota Surakarta, kini saatnya mengikuti agenda setingkat di atasnya. Perkemahan kali ini diselenggarakan oleh gabungan panitia se-eks Karesidenan Surakarta.

Perkemahan kepanduan yang diselenggarakan oleh salah satu parpol Islam ini tentu bukan sekadar kemah biasa. Karena ini juga bagian untuk mengetahui seberapa banyak kader-kader mudanya yang masih antusias untuk menjadi bagian dari perjuangan. Bahkan dalam ruang bahasan tarbiyah, perkemahan atau yang lebih akrab disebut dengan “mukhoyam“ ini adalah sarana tarbiyah yang tidak bisa digantikan dengan sarana tarbiyah yang lain.

Tentu saja pernyataan itu benar. Sebagaimana logika yang mudah tentang ibadah yang kita jalankan, apakah shalat dapat digantikan dengan sedekah? Tentu tidak. Dan ini kita sedang berbicara tentang hukum syar’inya, maka please yang agak tidak sreg dengan tulisan ini tidak usah komentar di bawah dengan bertanya, “apa dalilnya?“. Atau komentarnya akan saya hapus.

Pada intinya untuk pergerakan dakwah ini maka mukhoyam adalah salah satu sarana untuk mengetahui seberapa besar komitmen kadernya dalam menjadi bagian dari perjuangan ini. Karena di perkemahan yang spesial ini, tidak hanya akan digojlog fisiknya, tetapi juga dipantau kualitas amal yauminya. Bayangkan saja jika Anda tiap hari ditempa dengan aneka push up dan sejenisnya masih harus mengkhatamkan tilawah 1 juz dan ibadah-ibadah lainnya.

Maka bagi yang telah bergabung di sini tapi masih ogah-ogahan ikut mukhoyam, padahal lagi sedang tidak ada alasan syar’i atau masalah fisik yang mengkhawatirkan, pikirkan lagi untuk menolak. Karena semakin banyak beralasan juga menunjukkan ke-Bani Israil-an kita bukan. Jangan, kita tidak seperti pengikut Nabi Musa yang bandel-bandel itu bukan. Jika memang kita komitmen, bismillah segera bersiap-siagalah. PANDU KEADILAN – siaga setia bakti.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.