Kadar Iman di Hati Kita

 Ada yang nanya X: Mas, kamu tiap hari baca banyak berita ya?Y: Nggak, ngapain buang-buang waktu gituX: Tapi kok jenengan kayake banyak dapat berita-berita bagus gituY: Ya gampang, bertemanlah dengan orang-orang keren, yang pikirannya konstruktif, maka berita-berita yang dia share ya yang bermutu, ga hanya yang bully2 rusak gituX: Oh, gitu yaPernah menyempatkan melihat komentar-komentar […]

Antara Kita dan Muhammad al-Fatih

Yang membedakan Sultan Muhammad al Fatih dengan kebanyakan anak-anak muda hari ini (mungkin termasuk yang nulis status ini) yang semangat dalam dakwah adalah kelurusan visi dan kepahaman akan sejarah. Beliau menjadikan nubuwat Rasulullah dan sejarah Islam sebagai pijakan membangun visi untuk membangkitkan semangat pasukan dan mengeluarkan kebijakan strategis (karena memang memiliki posisi strategis sebagai pemimpin […]

Taburkan Jasa Semaikan Budi

Duh, lihat banyaknya orang pesimis memandang Indonesia gini memang kadang bisa bikin merinding. Bukan terpengaruh untuk jadi ikut-ikutan pesimisnya, tapi merinding karena serasa lihat hantu yang bergentayangan karena lihat orang hidup dengan pandangan kematian gitu. Ngeri deh ya. Untuk menghibur diri aku buka lagi file-file lagu Hijjaz Record Sdn. Bhd. Ahaa ternyata ada salah satu […]

Kisah Malam Minggu di SABS Night Camp

Saat malam mingguan di Sekolah Alam Bengawan Solo Night Camp, Aku, Heriyanto, dan Mas Jefri menghabiskan tengah malam dengan berkeliling untuk menancapkan bendera yang esoknya harus ditemukan para prajurit kecil SABS. Apa yang kami lihat? Pemandangan pemuda-pemuda desa yang menghabiskan malam mingguan di tongkrongan, entah sambil ngapain yang jelas malam minggu di desa mungkin sudah […]

Berita, Emang Gue Pikirin

Ketiadaan standar pemahaman sejarah dan ketidakinginan untuk melihat realitas secara obyektif membuat kebanyakan orang hari ini masih percaya bahwa berita media massa adalah sumber informasi terpercaya. Padahal dengan hadirnya teknologi informasi dan komunikasi, berita adalah konten yang bukan saja diperlukan untuk mengisinya melainkan sumber uang yang berlimpah. Fakta bahwa berita adalah komoditas bisnis hari ini […]

Sajak Cinta “Sesungguhnya”

Aku masih ingat bagaimana dulu Nazrey Johani bersama Zairie Ahmad, Abu Bakar, Che Amran, dan Anwar Ibrahim melantunkan sebuah lagu yang indah di awal terbitnya album Raihan “Puji-Pujian”. Syairnya syadu dan mengharukan, cocok untuk perenungan tentang cinta kita, cinta yang suci untuk Sang Pemilik Cinta. Penasaran? Inilah lirik lagu itu Sebenarnya diri ini cinta kepada-Mu […]

Belajar Dari Smartphone

Jika disuruh menghitung, mungkin tak terhitung lagi berapa banyak kata-kata motivasi tentang pentingnya bekerja sama, berjamaah atau apalah yang berbau gabung-gabungan. Dalam bahasa parpol menterengnya istilahnya koalisi yang kemudian terhadapkan pada gabungan yang bernama oposisi. Ah itu bahasa yang kata beberapa teman-temanku yang apolitis bahasan yang membosankan dan kurang kerjaan. Kerja sama, kata yang gampang […]

Menggelembung atau Penggelembungan?

Kisah yang mewarnai perhitungan suara Pemilu biasanya berkutat pada kisah penggelembungan suara. Itulah realita media, yang diulas dan diungkap pasti kecurangan dan kejelekannya. Secara, bad news is good news. Jadi tidak usah heran jika dalam pemberitaan media mainstream hampir tidak dijumpai kisah tentang TPS yang damai dan perhitungannya jujur mengesankan. Aku sendiri malam hari ini […]

Data Pencilan yang Kulihat

Hari ini sampailah pada apa yang dijadwalkan. Indonesia kembali menggelar perhelatan kepemimpinan. Kisah tentang bagaimana 250-an juta rakyat Indonesia diminta memilih lambang partai yang entah dikenal betul, sekedar kenal atau sama sekali tidak dikenal. Juga memilih daftar nama dan wajah yang mungkin juga asing karena tiba-tiba nongol saat dibuka di bilik suara. Itulah pemilu, perhelatan […]

Damailah Indonesiaku

Besok mau pemilu, semua sudah unjuk gigi. Yang mau milih sudah ajak-ajak. Yang mau golput juga udah ajak-ajak. Yang diam2 besok juga ada yang milih dan ada yang golput. Silahkan pilih sesuai dengan hati nurani masing-masing. Yang jelas jangan memaksakan pendapatmu pada orang, bahkan sampai mengintimidasi. Telah kita saksikan di wall FB masing-masing pemandangan yang […]