Kedaulatan

Ayat “wahai orang-orang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka” itu sesuatu banget. Eh bingits. Cuma mau bilang gitu sih soal ayat itu. Anu, begini, selama ini kan kita selalu ngomongin kedaulatan, kemandirian, dan yang anu-anu begitu. Lha elemen kedaulatan itu letaknya di mana sih? Karena kalau mau bilang NKRI berdaulat, aku jadi bengong. […]

Moral Vs Hukum

Hal yang masih terus saya gali dan dionceki dari nasihat Cak Nun adalah moral ada di atas hukum. Dalam penegakan hukum mengenai korupsi, Cak Nun sering banget berkelakar. “Jan jane sing do sengit karo koruptor dan perilaku korupsi itu karena eman duite dicolong apa karena memang moralmu sudah anti terhadap korupsi? Aja-aja sengite ki merga […]

Nasihat Gus Dur

Jadi ingat sebuah perkataan Gus Dur, kurang lebih begini “Jika engkau ingin jadi penyelamat yang sebenarnya, maka berjuanglah sebelum rumah itu terbakar. Singkirkan jerigen minyak yang udah ditaruh orang, jauhkan korek api dari sana, dan mengendap-endaplah untuk mengawasi keadaan. Resikonya kamu tidak terkenal, dan tak jarang siap dihujat dengan tuduhan macam-macam. Namun jika hanya ingin […]

Masa Lalu dan Masa Kini

Saat dinasti Saud di Saudi dan dinasti Bahlawi (Pahlevi) di Iran berkuasa, Saudi dan Iran ibarat dua anak yang akrab dengan bapaknya adalah Amerika Serikat. Sejak Ayatullah Khomeini memimpin revolusi Iran menumbangkan Syah Reza Pahlevi, hubungan kedua negara itu tegang. Awalnya Syiah hanyalah ideologi para penguasa Persia ketika dinasti Safawi berkuasa abad 16. Ideologi tersebut […]

Stay In The Middle !

Saudi sudah memulai perang dengan sesama negara Arab, kini mulai ngajak keroyokan dari apa yang dimulai. Semoga Indonesia tidak ikut-ikutan. Saudi dan Iran, dua negara yang sama-sama sektariannya, yang saling menolak satu sama lainnya hingga akhirnya runcing seperti sekarang. Lalu kita yang di sini, yang informasinya terbatas tentang keduanya, ikut-ikutan berdebat dan jadi pendukung salah […]

Doa Untuk Erdogan

Semoga Pak Erdogan tetap kokoh memimpin Turki dan dapat menginspirasi kebangkitan negeri-negeri muslim lainnya untuk kembali ke akar sejarah mereka. Erdogan ibarat buah dari perjuangan keras Said Nursi Badiuzzaman dan ulama-ulama sezamannya. Setiap negara muslim memiliki pahlawannya, mereka perlu kembali ke akar para pendahulunya, bukan membebek satu sama lain, apalagi jadi anak buahnya Amerika atau […]

Kebudayaan

Kebudayaan manusia itu dinamis, seringkali kita menganggap tradisi sebagai budaya itu sendiri. Misal zaman dahulu ketika orang-orang di Pulau Jawa suka membuat sesaji dengan menyembelih hewan yang darah dan kepalanya ditanam di bawah pohon yang dianggap keramat. Oleh para wali, mereka ingin menanamkan budaya sedekah (yakni yang bersedakah tidak riya dan yang menerima sedekah tidak […]

Kamuflase

Sekolah Alam digagas untuk menjadi sekolah membebaskan. Sebelumnya juga muncul trend sekolah-sekolah Islam. Sebelumnya lagi ada banyak gagasan-gagasan perbaikan pendidikan di negeri ini. Namun biasanya berakhir pada trend dan diamini masyarakat tanpa sikap kritis. Akankah nasib sekolah alam nanti juga demikian? Masalahnya bukanlah pada sekolah alam-nya, sekolah Islam-nya dll. Masalahnya adalah kesyirikan yang tumbuh di […]

Haji

Jadi begini, kan sudah berapa puluh tahun umat Islam seluruh dunia itu berhaji di dua tanah suci (bahasa arabnya Haramain). Pertanyaannya, apa selama itu umat Islam itu nggak bisa ngumpul-ngumpul untuk mbahas, “Bro, gimana nih kita kok tiap taun gini-gini doang. Kapan kita bersatu gitu, nggak udur terus dan bisa jadi super power lagi kayak […]

Tindakan Sama, Niat Beda

Di antara manfaat belajar matematika adalah melatih kesadaran logika. Nah ada banyak peristiwa di kehidupan kita yang lucu-lucu. Tapi ini menurut pendapat saya lho. Boleh setuju, boleh nggak. Misalnya, selama ini kita kenal pernyataan soal demokrasi, bahwa suara rakyat adalah suara tuhan. Jika dipahami dengan pendekatan bahwa manusia itu memiliki fitrah (cenderung pada kebaikan sesuai […]