Proses …..

Perjumpaan saya dengan salah satu guru yang memberikan nasihat “bahwa setiap orang itu berproses” membuat saya bisa menahan diri untuk tidak nggathuk-nggathukke hal-hal yang tidak semestinya digathukke. Misalnya membuat standar bahwa seorang anak/menantu kiai itu pasti sholeh, atau istri dari seorang durjana itu pasti durjana. Kenyataannya di kisah-kisah terdahulu, sekelas istri nabi saja ada yang […]

Memelihara Darah Kaum Muslimin

Ulama sejati adalah yang menjaga dirinya dari membuat keputusan yang menyebabkan tumpahnya darah kaum muslimin akibat peperangan di antara mereka. Seperti Rasulullah yang mencegah sahabat bertikai, karena ada yang hendak membunuh Abdullah bin Ubay bin Salul setelah terbongkar kemunafikannya. Jika Rasulullah tidak mencegahnya, maka sang pembunuh dengan putra Abdullah akan bermusuhan, padahal keduanya sama-sama orang […]

Ada Baiknya, Ada Buruknya

Saya dididik oleh guru-guru saya untuk tidak memutlak-mutlakkan hal-hal kontemporer, karena pasti ada sisi benarnya, dan ada sisi salahnya. Maka saya tidak akan mendukung mutlak, maupun menolak mutlak. Misalnya bicara soal MUI, itu adalah lembaga yang didirikan pemerintah Orde Baru, tahulah bagaimana watak lembaga pemerintah (meski sekarang udah pisah dari kekuasaan pemerintah). Makanya Buya Hamka […]

Dajjal, Doktor Bidang Penipuan

Di antara gojegan terkait akhir zaman yang menarik saat ini adalah tulisan kafara pada jidatnya Dajjal. Ya gimana akan dikenali tulisan itu dan si pemiliknya di sebut Dajjal, wong nanti orang-orang sampai pada kebodohan parah di mana Arab = Islam. Lagi pula dia bisa saja datang dengan macak sebagai kiai, menjanjikan kedamaian, menawarkan syurga berupa […]

Aneka Fatwa

Kita adalah pewaris dari leluhur yang memiliki pendekatan sosial dan kebudayaan dalam menyelesaikan masalah. Makanya kita lihai menyikapi berbagai kerusakan sistemik yang bergejolak dari waktu ke waktu, sekalipun diperintah oleh pemerintah yang tidak jelas sejak zaman kolonial. Tapi entah mengapa sekarang kita mulai suka mendewa-dewakan institusi negara baik pada urusan pemerintahan, pendidikan, dan keagamaan melebihi […]

Khilafah dan Dinasti Saud

Yang barangkali dilupakan para pejuang Khilafah maupun kaum puritanis adalah sekalipun Turki Utsmani masih diakui banyak ulama sebagai pelanjut daulah Islam, rezim-rezim di Persia menolak hingga mereka melembagakan madzhab Syiah di wilayah kekuasaan mereka sebagai bentuk perlawanan kulturalnya. Kabilah-kabilah di Najd juga tidak jauh beda, mereka begitu bersemangat mengincar Haramain dengan dalih memurnikan agama agar […]

Jaman Edan

Diskusi yang sangat saya hindari untuk hari-hari ini dan ke depannya adalah ngobrolin bab fikih dengan tujuan klaim-klaiman bener dan masalah akidah dengan tujuan ngelek-elek sing ora padha karo pendapate. Sekiranya kita bener-bener menyelami makna hadits kedua di Arba’in An Nawawiyah tentang pokok-pokok agama + kejadian hari akhir, niscaya kita tidak akan seribut ini. Kita […]

Aset yang Sesungguhnya

Pak Suyudi, pendiri Sekolah Alam Bengawan Solo pernah berdiskusi dengan teman-teman Kopassus Kandang Menjangan sebelum pilpres 2014. Di hadapan beberapa anggota pasukan Baret Merah itu, beliau membantah argumentasi berkaitan dengan kerugian-kerugian negara yang selalu ditinjau dari sisi materi SDA. Beliau mengkritik Prabowo dan Jokowi yang dinilai tidak serius memperhitungkan nilai seorang manusia Indonesia, yang sesungguhnya […]

Hymne Pembaca Berita

Tertipulah wahai engkau Pembaca berita Yang bersliweran di pesan instan Bebas tanpa kendali Semua ditelan tanpa dipikir Bikin anu nyeri Lantas mengumpat tiada henti Menularkan ngeri Semua sibuk mikir negeri Abaikan strategi Cuma berlagak jadi pahlawan Menantikan pujian Masalah terus tumbuh berganda Tetap jadi berita Wkwkwkwkwkwk Tolong jangan sambil dinyanyikan Juwiring, 19 Januari 2016

Bertanya

Menyebut nama Erdogan di hadapan pengikut Fetullah Gulen adalah kekonyolan yang kulakukan tadi malam. Ntut tenan, kok yo aku kepleset ndadak menyebut namanya, padahal karepku pengin takon peran pemerintah (secara diwakili pemimpinnya dong, Erdogan) dalam membangun SDM di Turki (tentu saja lewat pendidikannya) menurut pendapate Bapake. Untungnya di maiyah tidak berlaku semprotan, dan aku tidak […]