Soal narkoba itu menarik. Karena kita itu terbiasa kalau melihat narkoba itu sepenggal saja, akhirnya kita tidak konsisten. Padahal kalau totalitas melawan narkoba, kita bisa, dan itu sekaligus menjadi perjuangan untuk menjadi bangsa yang berdikari.

Prinsip dasar narkoba kan meracuni dengan sesuatu zat asing yang melebihi kadarnya. Selain narkoba yang kita pahami sebagia obat-obatan terlarang itu, tak ada salahnya kita melebar ke aspek yang lain.

Lihat obat-obatan yang kita konsumsi. Yakin itu menyehatkan? atau justru membuat daya tahan tubuh kita tidak sekuat sebelum minum obat kimia. Lihat tanah-tanah kita yang dipupuk dengan zat-zat kimia. Yakin tambah subur? Atau justru membuat tanah tandus dan ketagihan pupuk kimia lebih banyak lagi. Lihat rumah-rumah kita yang dipenuhi dengan suara televisi setiap saat. Yakin itu baik untuk pertumbuhan generasi kita? Atau justru itu penghancur peradaban paling efektif.

Ayolah, mbok kalau kita anti terhadap sesuatu itu sekalian gitu lho. Jangan cuma main hestek, apalagi dengan hestek itu merasa sudah berjasa dalam melawan sesuatu hal.

Jika kita gigih melawan narkoba, insya Allah kita tidak akan ribut lagi soal rokok, apalagi rokok kretek, cerutu, klembak menyan, dan yang serba nglinting dhewe.

Juwiring, 24 Agustus 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.