Sejahat-jahatnya iblis, dia cuma bisa nggoda dan bisiki loh. Yang bisa membunuh dan membantai manusia satu negara ya manusia yang tergoda oleh bisikan tersebut. Jadi yang salah siapa?

Setan itu pun di isyaratkan berasal dari golongan jin dan manusia. Bisa jadi sebutan setan berangkat dari perilaku manusia dan jin yang mengalami kesalahan sistemik akibat mengikuti bisikan iblis dan menuhankan nafsu. Dadi awake dewe yo sangat berpotensi menjadi setan.

Itulah mengapa (sak ngertiku) ada hadits yang menjelaskan bahwa kelak di neraka iblis berpidato dan menyatakan bahwa manusia masuk neraka karena pilihannya sendiri selama hidup, dan iblis tidak dipersalahkan atas hal itu. Ia di neraka karena dikutuk oleh Allah setelah menolak memberi penghormatan kepada Adam alayhisalam.

Jadi masih mau mengkambinghitamkan iblis. Kita diminta ber-ta’awudz, bukan nyalah-nyalahin iblis, apalagi memisuh-misuhi dia. Beliau mungkin sering nganggur saat ke Indonesia. Mengapa? Lihat saja sendiri.

‪#‎CeritaMalam‬

Note : ini petikan khutbah iblis di hari akhir nanti yg diabadikan dlm al-Quran
Allah menyebutkan khutbah Iblis yang sangat menyentuh tersebut:

“Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepada kalian janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepada kalian tetapi aku menyalahinya. sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadap kalian, melainkan (sekedar) aku menyeru kalian lalu kalian mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kalian mencerca aku akan tetapi cercalah diri kalian sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolong kalian dan kalian pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatan kalian yang mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu”. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih”.

Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka” (QS Ibrahim : 22-23)

Surakarta, 19 Juni 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.