Ada segolongan orang yang meragukan kontribusi wali sanga, mencurigainya, hingga menuduh para ulama besar tanah Jawa ini dengan hal-hal yang buruk dan tidak berdasar. Semoga mereka mau meneliti sejarah itu dengan sabar dan merevisi kerangka berpikirnya yang begitu sempit dan sak klek.

Padahal para wali ini telah membuktikan bagaimana masyarakat Jawa mengalami konversi besar-besaran dari ajaran lamanya ke Islam dan budaya Jawanya mengalami Islamisasi secara mendasar. Sementara segolongan orang-orang ini, bahkan membuat formula dakwah untuk membuat Islam versi mereka mudah dicerna dan diaplikasikan secara konsisten di segala bidang kehidupan saja ga bisa.

Contohnya, dulu tokoh golongan ini berfatwa soal haramnya fotografi. Lalu disodori fakta soal paspor, KTP, dll yang butuh foto, dijawab itu pengecualian, jadi boleh. Di kasus-kasus yang lain ada fatwa A, lalu dikasih kasus di tengah masyarakat, dijawab pengecualian lagi. Hahaha, ajaran kok inkonsisten ngono, ga jelas rumuse. Sama aja bilang, denger, gue yang punya otoritas nerjemahin ayat al Quran dan hadits, loe semua ngikut gue aja ya, selain versi gue berarti sesat.

Perpecahan yang terjadi di tengah umat Islam saat ini adalah karena umatnya cuma suka ngaji dan baca buku satu versi saja. Selain itu, para ulamanya juga belum berani debat terbuka di muka publik sehingga mampu membuat semua umat Islam berkumpul. Saya yakin, kalau ulama-ulama yang pendapatnya saling bertolak belakang ini mau hadir dalam sidang ilmu yang dihadiri semua elemen umat Islam, maka pasti akan membuat semua umat senang dan erat bersaudara. Para ulama silahkan berdebat dengan ilmunya, toh nanti kelihatan siapa yang beneran berilmu, siapa yang tukang memecah belah. Dan umat juga senang karena dengan berjumpa dengan banyak saudara di lintas aliran bisa bikin jaringan bisnis baru dan memutar roda ekonomi.

Nah, jelas kan. Jadi kapan kita mau menggelar acara muhadlarah raksasa ini. Saya bener-bener nunggu acara semacam ini. Maiyah sebenarnya sudah membuka kesempatan itu lebar-lebar agar dihadiri semua golongan. Tapi ternyata yang paling ditunggu, yang wow-wow kayak yang saya sebutkan di atas, tidak pernah muncul untuk dipanelkan di forum-forum besar bulanan itu.

Juwiring, 16 September 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.