Berbagi Cerita dengan Adik-Adik Maba IAIN Surakarta

Sepekan yang lalu ceritanya aku dapat telepon dari seorang yang aku lupa namanya. Intinya LDK Fakultas Tarbiyah mengadakan talkshow dan aku diminta jadi pembicaranya. Hah, beneran nih, masak orang kayak aku dipilih. Karena pernah ingat dengan pesan Mas Bery, kalo dapat orderan jadi pembicara ambil dulu dah, karena itu akan menjadi sarana pembelajaran yang luar […]

Upgrading BEM FE 2012 : Gagasan Cemerlang untuk Kali Pertama

Upgrading SKI di lingkungan kampus, kemudian di Tawang Mangu. Atau Uprading SIM di Ngargoyoso. Upgrading BEM UNS di Segorogunung. Itu sudah biasa dan mungkin sudah menjadi tradisi ormawa di kampus hijau kota Bengawan ini. Tradisi tahunan itu mesthi harus memilih rumah singgah atau vila yang baik namun terjangkau, ditinggali bersama dan diramaikan dengan acara yang […]

Dari Matematika Hingga Bahasa Arab

Sebaik baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya (HR  Bukhari) Itulah seuntai sabda Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam, sang muallim, sang juru selamat umat manusia tentang orang-orang yang mau berinteraksi dengan al-Quran. Siapa yang mengaku Islam dan mencintai Allah, maka berinteraksi dengan al-Quran sudah bukan lagi hal yang harus ditegakkan dengan pedang, melainkan sebagai […]

GO AAI 2012, Momentum Terbaik Meletakkan Landasan Idealisme Mahasiswa Muslim

Tadi pagi Allah mempertemukanku dengan kesempatan yang baik untuk berbagi kepada mahasiswa baru 2012. Sebagai duta Forum Cendikia Muslim UNS sekaligus ditunjuk untuk memoderatori sesi materi dalam Grand Opening Asistensi Agama Islam. Meskipun tempat dan suasananya tidak kondusif namun Alhamdulillah, teriakan dan semangat adik-adik maru mampu menggemparkan gedung ungu yang telah menjadi saksi orang-orang belajar […]

Mengapa Harus Menulis (2)

Ahaa, hari ini aku baru saja membaca tulisan mbak Afifah Afra (sebenarnya udah postingan lama, cuma akunya aja yang telat baca). Beliau mengklarifikasi lewat twitternya tentang novel Syahid Samurai-nya yang dituduh sebagai salah satu novel porno yang menghancurkan moral bangsa. Hemm, aku udah sering membaca tulisan-tulisan beliau. Pernah membaca beberapa novelnya juga. Jadi aku tidak […]

Catatan di Penghujung Ramadhan

Alhamdulillah atau innaalillah ya sebaiknya kuucapkan ketika ini sudah menjadi hari terakhir Ramadhan? Aku bimbang, tetapi sepertinya aku lebih banyak merasa bersedih karena banyak yang kulewatkan selama Ramadhan ini. Apa saja yang terlewatkan? Banyak sekali mulai dari kajian-kajian Ramadhan yang tidak banyak kuikuti, hafalan Quran yang tidak maksimal, hingga 10 hari terakhir yang belum banyak […]

Tak Kenal Henti

Hari ini terasa begitu menyenangkan. Ketika seharian dipenuhi berbagai aktivitas bermanfaat sehingga Ramadhan kali ini kian bermakna. Kira-kira ngapain aja ya. Seperti biasa Ahad pagi ini diisi dengan jalan-jalan. Ke mana? Pasti ke zona-zona ga jelas. Maksudnya blusukan ke alam bebas. Itu adalah jalan untuk menanamkan kembali semangat pedesaan di jiwa adik-adikku yang sekarang rentan […]

Aktivis dan Organisasi

Seringkali kita mendengar “Dia itu ga lulus2 kuliah karena terlalu aktif di organisasi” atau “Ga heran deh IP-nya 4, …., wong tiap hari belajar melulu, baca buku, ngerjain tugas, ga nyentuh yang namanya organisasi” Ungkapan di atas mungkin sering kita dengar, bahkan menjadi salah satu bahan pembicaraan kita ketika memberi komentar atas teman-teman kita. Dalam […]