Salah satu oleh-oleh dari perjalanan di Bogor beberapa waktu lalu adalah dikenalkannya diriku dengan salah satu channel Youtube yang berisi tayangan tentang inspirasi, TEDx namanya. Apa itu? Aku memilih mencopy paste tentang TEDx dari blogger lain saja ya. Di blog mas Umar Hadi.

Seringkali orang bingung menyebut TED atau TEDx. Atau membedakan antara keduanya, bahkan ada yang menyamakannya. TED merupakan sebuah  lembaga nonprofit asal California, yang ditujukan untuk Ideas Worth Spreading melalui konferensi. Konferensi TED dimulai pertama kali pada tahun 1987. TED sendiri adalah singkatan dari Technology, Entertainment, Design. Ini artinya, lingkup bahasan konferensi TED meliputi tiga tema tersebut. Kemudian pada tahun 2006, lahirlah TEDTalks. TEDTalks merupakan kumpulan video rekaman konferensi TED selama beberapa tahun silam yang disajikan secara online. Tahun 2009 adalah tahun kelahiran TEDx, di mana TEDx adalah sebuah program di bawah TED yang memungkinkan terselenggaranya event TED secara independen oleh panitia lokal di seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu, TED tidak lagi terpaku pada tiga tema umum di atas. Tema TED mulai meluas hingga ke ranah politik, makanan, sosial, dan banyak lainnya. Di samping itu, sekarang, video TEDTalks juga beberapa sudah diterjemahkan ke dalam hampir 89 bahasa.

TEDx Masuk Indonesia

September 2008 adalah awal mula TEDx diperkenalkan di Indonesia, ditandai dengan munculnya TEDxJakarta yang dibawa oleh Arief Aziz. Event pertama TEDxJakarta berlangsung pada Mei 2009. Waktu itu, saya pertama mengetahui info TEDxJakarta dari teman saya di Jepang, yaitu Miftakhul Huda. Sejak saat itu, saya penasaran untuk mengikuti acara TEDx secara langsung.

Oktober 2010, akhirnya keinginan saya terpenuhi. TEDxBandung menyelenggarakan acara pertama mereka di kampus ITB. Saya mendaftar sebagai peserta dan diterima. Dan sejak saat itu saya benar-benar tahu apa itu TEDx.

Saat ini TEDx di Indonesia sudah menjamur di mana-mana. Di Bandung sendiri, sudah ada TEDxBandung, TEDxITB, dan TEDxITT. Bahkan 2012 ini, rencananya bakal lahir TEDxMCU dan TEDxUnpad. Menarik bukan? Belum lagi TEDx di kota yang lain seluruh Indonesia.

Secara sederhana TEDx bisa diartikan sebuah komunitas berbagi ide dari berbagai bidang. Mulai dari bidang teknologi, hiburan, desain, bisnis, sains, sampai membahas isu global. Menariknya semua bidang tersebut dikolaborasikan melalui speakers dan audience dalam satu acara khas TEDx. Dan lebih menariknya lagi, setiap acara TEDx diselenggarakan secara independen dan gratis.

TEDx mengusung semangat kolaborasi berbagi ide yang diharapkan bisa menginspirasi orang lain dalam mengubah cara pandang, cara hidup, dan pada akhirnya mengubah dunia menjadi lebih baik.

Sejak itu, saya sesekali sempatkan waktu untuk mendengarkan materi dari para pembicara yang inspiratif. Memang sih, tidak semua hal yang dibahas sesuai dengan frekuensi ku dan mungkin frekuensi pembaca semua. Tetapi aku suka dengan forum yang seperti ini karena setiap orang dapat berbagi ide-ide cemerlangnya untuk perubahan.

Apakah Anda tertarik? Silahkan coba. Googling aja deh.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.