cinta kita melukiskan sejarah

menggelarkan cerita penuh suka cita

sehingga siapa pun insan Tuhan pasti tahu

cinta kita sejati

(Cinta Sejati – Bunga Citra Lestari)

Beberapa hari lalu aku diminta berbagi kepada adik-adik AAI di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS. Wah bingung juga sih ketika diberi TOR yang isinya kurang lebih berjibun dan membuatku merasa minder dengan kontennya. Terlanjur menyanggupi, ah berangkat saja dan bismillah.

Karena tujuannya menyemangati agar adik-adik tetap semangat AAI akhirnya aku menemukan sebuah tagline untuk itu. CINTA. Ya itu kata yang selama ini menjadi kekuatan besar dalam hidupku juga. Dan tak sengaja aku kembali teringat dalam bait lagi Cinta Sejati dalam film Habibie dan Ainun. Ah ini saja deh modal untuk mengisinya, apalagi untuk adik-adik di ilmu sosial, terlalu banyak teori pasti tidur mereka.

Aku meyakini bahwa setiap hal hari ini terjadi karena cinta. Cinta, dalam imajinasi tiap orang mungkin berbeda. Tapi hakikat cinta ini mampu menggerakkan setiap orang untuk mampu berbuat sesuai dengan imajinasi cintanya masing-masing. Maka seberapa baguskah imajinasi cinta kita. Jika mendengar cinta, lalu imajinasinya mengarah pada dua jenis manusia yang saling berkasih maka sebatas itulah cinta yang ia dapat. Semakin kita mampu memberikan imajinasi terbaik atas cinta, maka sebesar itulah kemampuan diri kita akan dibuktikan. Cinta, sulit dijelaskan, tapi ia pasti ada.

Maka Cinta itu harus dirawat agar tidak mengalami pembusukan. Cinta harus dijaga dinamikanya agar tidak menyeleweng dan sesat. Cinta harus diperkaya dengan lautan ilmu agar ia semakin bermakna. Cinta harus dipupuk agar ia senantiasa hadir indah di setiap masa dan di mana saja. Cinta yang sejati, akan membawa kita kepada sang pemilik cinta itu. Siapa ia? Allah azza wa jalla.

Kesimpulannya, cinta itu memang akan membuat siapa pun mencipta sejarahnya. Dalam cinta, maka tercipta sebuah liku-liku hidup yang sarat makna. Maka seberapa dalam cinta kita. Seperti apakah cinta kita. Dan sebesar apakah cinta kita. Selurus apakah cinta kita. Setiap kita akan mendapati jawabannya di hari akhir nanti tentang CINTA kita masing-masing. Selamat bercinta!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.